SOLOPOS.COM - Penyelenggaraan Bengawan Solo Travel Mart (BTM) 2023 diwarnai dengan kegiatan table top yang mempertemukan para buyer dan seller, Kamis (7/9/2023). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO – Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Solo berharap penyelenggaraan Bengawan Travel Mart (BTM) 2023 yang berlangsung 7-9 September 2023 lalu bisa semakin menggeliatkan pariwisata Solo ke depan.

Ketua Asita Solo, Mirza Ananda, mengatakan banyak apresiasi yang muncul dari penyelenggaraan BTM 2023 kemarin. Terlebih dari para buyer yang datang dari berbagai daerah. Bahkan menurutnya ada beberapa yang ingin mencontoh penyelenggaraan BTM di daerahnya masing-masing.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Diketahui, pada penyelenggaraan BTM tersebut ada sebagian buyer yang bertransaksi langsung. Namun, dia berharap akan lebih banyak buyer yang melakukan transaksi di luar acara ada beberapa waktu ke depan.

“Harapannya memang dampak dari acara tersebut akan terjadi setelah acara. Jadi untuk jangka panjang. Bisa jadi akan ada transaksi lebih besar yang terjadi setelah acara ini. Kemarin para buyer sudah menangkap potensi yang ditawarkan di Solo, kemudian tentu mereka akan jualan dulu di daerah masing-masing,” kata dia, Selasa (12/9/2023).

Dia menyebutkan pada Senin (11/9/2023), berdasarkan pantauannya di grup buyer, sudah ada yang menanyakan beberapa hal termasuk nomor kontak para seller, karena ada grup wisatawan yang akan masuk ke Solo. “Jadi ini akan terus berlanjut. Harapan kami dengan BTM, wisata Solo banyak yang memasarkan. Bukan hanya travel agent yang ada di Solo namun dari travel agent yang kemarin datang dan sudah pernah ke Solo,” jelas dia.

Sebelumnya, salah satu buyer BTM, Fajar Aji Kusuma dari Penama Tour Jepara, mengapresiasi dengan perubahan yang ada di Solo terkait dunia pariwisata. Menurutnya banyak destinasi baru di Solo yang cukup menarik minat wisatawan dari luar kota. Salah satunya adalah Masjid Sheikh Zayed.

“Hampir seminggu sekali, kadang dua kali kami mendatangkan wisatawan ke Solo. Bulan ini sudah satu kali, rencana akan empat kali,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya