SOLOPOS.COM - Pemkab Karanganyar yang kembali menggunakan listrik PLN untuk lampu Penerangan Jalan Umum (PJU).(Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukoharjo menyambut positif keputusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar yang kembali menggunakan listrik PLN untuk lampu Penerangan Jalan Umum (PJU).

Hal ini disampaikan dalam pertemuan antara PLN dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Karanganyar pada Senin (16/10).

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Sebelumnya, Penerangan Jalan Umum (PJU) milik Pemerintah Kabupaten Karanganyar di sejumlah titik memakai sumber energi surya, kini sudah kembali ke listrik PLN. Alasannya adalah operasional dan pemeliharaan sarana dan prasarana listrik PLN lebih mudah dan murah.

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kabupaten Karanganyar, Bambang Prasetyo, mengungkapkan beberapa titik di wilayah Kabupaten Karanganyar telah kembali menggunakan listrik dari PLN untuk PJU.

“Pada saat ini kami kembali menggunakan PJU konvensional yang mana sebelumnya sempat menggunakan PJU Tenaga Surya (PJU TS) karena pada kenyataannya dalam pengunaan PJU TS ini kami mengalami banyak sekali kendala,” ucap Bambang dalam keterangan tertulis.

Bambang menyebutkan beberapa kendala diantaranya terkait biaya perawatan yang terlalu besar dan teknologi PJU TS sendiri yang selalu berubah sedangkan ketersediaan sparepart cenderung langka sehingga saat dilakukan perawatan yang mengharuskan penggantian sparepart akan menyulitkan.

Berdasarkan pengalaman tersebut Bambang menambahkan bahwa sekarang PJU di beberapa titik di Kabupaten Karanganyar sudah tidak menggunakan lagi PJU TS dan kembali menggunakan jaringan listrik dari PLN.

“Beberapa titik di wilayah Karanganyar yang dulunya menggunakan PJU TS sudah kami ganti dengan PJU konvensional yang menggunakan jaringan listrik dari PLN, dengan harapan lebih mudah dalam proses perawatannya,” tambah Bambang.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukoharjo melalui Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Karanganyar, Ricky Caesar yang ditemui dalam kunjungan ke Kepala Dinas Perhubungan, menegaskan bahwa PLN adalah sumber energi yang andal, berkualitas, ramah lingkungan dan terjangkau. PLN selalu berkomitmen untuk memberikan layanan listrik yang andal dan berkualitas kepada masyarakat.

“Kami berharap bahwa keputusan yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk kembali menggunakan listrik PLN ini akan menjadi contoh bagi pemerintah daerah lainnya,” ucap Ricky dalam keterangan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya