SOLOPOS.COM - Sebelum membuat keputusan apakah akan membeli HP cash atau kredit, pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangannya. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Bagi sebagian besar orang, memiliki smartphone telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Namun, ketika memilih membeli HP baru, pertanyaan mendasar sering muncul, yakni apakah lebih baik beli HP cash atau kredit?

Keputusan tersebut tentunya dapat memiliki dampak besar pada keuangan pribadi dan kehidupan sehari-hari. Agar lebih paham, sebelum memutuskan untuk beli HP, telusuri dulu kedua opsi ini agar kamu tahu mana yang terbaik. Yuk simak!

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Beli HP Cash atau Kredit ya?

Sebelum membuat keputusan apakah akan beli HP cash atau kredit, pertimbangkan dulu masing-masing kelebihannya dan kekurangannya. Jadi, simak penjelasannya berikut ini!

A. Beli HP Cash

Opsi pertama jika tersedia cukup uang di tabungan, beli HP secara cash akan menjadi pilihan yang lebih bijaksana. Berikut kelebihannya!

1. Tidak Ada  Cicilan Bulanan

Meskipun membeli ponsel baru secara tunai bisa menguras tabungan seketika, namun tidak ada cicilan bulanan yang harus dilunasi untuk ponsel baru tersebut. Dengan demikian, sumber pendapatan bulanan dapat difokuskan untuk mencapai tujuan keuangan lainnya.

2. Pengendalian Pengeluaran Lebih Efektif

Selain tidak memiliki cicilan  bulanan, pembelian ponsel baru secara tunai juga dapat membantu pengendalian pengeluaran secara lebih efektif. Hal ini akan memberikan insentif untuk mengelola uang sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

3. Mendorong Kreativitas dalam Mencari Pendapatan Tambahan

Setelah mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk pembelian tunai, seseorang mungkin merasa kondisi keuangan menjadi terbatas. Hal ini dapat mendorong seseorang untuk mencari sumber pendapatan tambahan, guna menutupi pengeluaran besar yang telah dilakukan, seperti melalui investasi.

B. Beli HP Kredit

Nah, bagi kamu yang tidak memiliki cukup uang dalam tabungan, kredit HP sebenarnya tetap bisa memberikan manfaat dan keuntungan tersendiri, loh. Apa saja? Berikut keuntungannya!

1. Banyak Keuntungan

Mengatur keuangan untuk menjaga kondisi finansial umumnya lebih mudah dengan layanan kredit, seperti kredit smartphone. Tetapi, banyak orang enggan menggunakan layanan pinjaman ini, karena khawatir akan cicilan yang harus dibayar.

Namun, sebenarnya, dengan memanfaatkan layanan kredit, kamu bisa mendapatkan keuntungan tambahan seperti cicilan dengan bunga rendah, bahkan 0 persen, diskon, cashback, serta berbagai promo menarik lainnya. Dengan begitu, pengelolaan keuangan dapat menjadi lebih mudah saat menggunakan fasilitas kredit ini.

2. Menjaga Arus Kas

Dengan membeli HP secara kredit, kamu bisa menjaga arus kas untuk pengeluaran pribadimu. Artinya, kamu tidak perlu mengeluarkan pengeluaran besar yang dapat menganggu arus kas untuk satu kali transaksi.

3. Dapat Digunakan untuk Produktivitas

Sebaiknya, beli HP cash atau kredit dilakukan untuk hal-hal produktif. Pasalnya, hal ini dapat membantu dalam pembayaran cicilan kredit dengan hasil produktivitas dari aset tersebut, seperti menjadi konten kreator, penulis lepas, atau reseller. Jadi, pastikan untuk memilih ponsel yang dapat mendukung berbagai aktivitas produktif, ya!

4. Realisasi Keinginan Segera

Terakhir, dengan membeli HP secara kredit, kamu bisa segera merealisasikan keinginanmu tanpa perlu menunggu uang terkumpul terlebih dulu. Kredit HP dapat menjadi solusi apabila kamu memiliki keterbatasan dana ketika hendak merealisasikan keinginan.

Jadi, Beli HP Cash Atau Kredit? Sesuaikan Kondisi Saja!

Ketika kamu harus memutuskan ingin beli HP cash atau kredit, kamu harus mempertimbangkan kondisi finansial dan kebutuhan pribadi. Meskipun membeli secara tunai memberikan keringanan tanpa cicilan bulanan, kamu juga bisa pilih opsi kredit dengan kemudahan pengajuan cicilan oleh Home Credit Indonesia.

Dengan persyaratan minimal seperti KTP dan foto selfie, serta berbagai keunggulan seperti promo dan diskon yang melimpah, metode pembayaran sangat praktis, dan produk pembiayaan multiguna, Home Credit Indonesia menawarkan pilihan menarik bagi kamu yang memilih membeli HP dengan kredit.

Satu lagi yang menarik, selain smartphone Android, kamu juga bisa kredit iPhone dengan cara mengklik tautan berikut: kredit iPhone, loh. Jadi, pastikan  memilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu untuk pengalaman beli HP yang lebih menyenangkan dan terjangkau!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya