SOLOPOS.COM - Sebuah mobil melintas di jalan tol Solo-Ngawi di wilayah Kabupaten Boyolali, beberapa waktu lalu. (Espos/Akhmad Ludiyanto).

Solopos.com, SOLO – Menjelang Lebaran, beberapa pengguna media sosial (medsos) ramai membicarakan soal jalan tol bisa bernyanyi di KM 644+200 B atau arah Madiun-Solo.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, tol nyanyi atau singing road di KM 644 +200 B tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Di KM 644 +200 B tersebut ada jalan tol yang memiliki fitur unik berupa jalan tol yang bisa bernyanyi atau muncul nada nyanyian jika dilalui mobil.

Lokasi tol nyanyi tepatnya di jalan Tol Trans Jawa tepatnya di Ruas Ngawi-Kertosono-Kediri.

Lokasi tol nyanyi ini berada di 2 titik yaitu KM 616 jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri dengan suara nyanyian yang muncul berupa dua nada lagu selamat ulang tahun.

Sementara lokasi tol nyanyi lainnya berada di KM 644+200 B (arah Madiun-Solo) dengan nyanyian lengkap lagu selamat ulang tahun terdiri atas enam nada.

Dilansir dari Indonesiabaik.id, singing road atau tol nyanyi ini muncul KM 644+200 B dari beberapa marka jalan berbentuk rumble strip yang dipasang di jalan tol.

Rumble strip itu ditata dengan jarak berdekatan agar saat dilindas ban mobil berkecepatan 80-100 km/jam, akan muncul suara nyanyian dengan sangat jelas terdengar hingga ke dalam mobil.

Inovasi ini diterapkan guna mengurangi kemungkinan kecelakaan lalu lintas yang bisa disebabkan atas kelalaian pengemudi seperti misalnya mengantuk, ugal-ugalan, hingga mengebut di jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya