SOLOPOS.COM - Paspor Singapura terkuat di dunia. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Berdasarkan Henley Passport Index, Singapura berhasil menggeser posisi Jepang sebagai negara dengan paspor terkuat di dunia.

Seperti dikutip Bisnis dari The Straits Times, Rabu (19/7/2023), paspor Singapura memungkinkan pemegangnya untuk masuk bebas visa ke 192 dari 227 negara tujuan global.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Singapura terakhir memegang posisi teratas pada tahun 2021, dengan perjalanan bebas visa ke 194 tujuan, dibandingkan dengan Jepang yang berada di posisi kedua dengan 193 tujuan pada tahun itu.

Singapura berada di urutan kedua pada tahun 2022 bersama dengan Korea Selatan, dengan akses bebas visa ke 192 tujuan. Jepang adalah negara teratas, dengan 193 tujuan bebas visa pada tahun lalu.

Dalam data terakhir, Jepang turun ke posisi ketiga, dengan akses bebas visa ke 189 tujuan di seluruh dunia. Jepang berbagi posisinya dengan Austria, Finlandia, Prancis, Luksemburg, Korea Selatan, dan Swedia. Adapun Italia, Jerman, dan Spanyol berada di urutan kedua dengan akses bebas visa ke 190 tujuan, menurut daftar yang diterbitkan oleh konsultan imigrasi yang berbasis di London, Henley & Partners.

Tujuan WNI

Sebelumnya, sempat heboh kabar jika ribuan WNI usia produktif memutuskan pindah ke Singapura.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Silmy Karim, menyebut ada seribu warga negara Indonesia yang bertalenta setiap tahunnya melepas status kewarganagaraannya dan pindah ke Singapura.

Menurutnya, WNI yang memutuskan pindah ke Singapura adalah mahasiwa yang menempuh pendidikan di negara tersebut. Itu artinya, mereka yang memutuskan pindah ke Singapura merupakan WNI berusia produktif dengan pendidikan di atas rata-rata.

Singapura memang menjadi salah satu negara yang layak dipertimbangkan jika dijadikam tempat tinggal. Sebab di negara ini, layanan publik dan hak-hak warga negaranya benar-benar diperhatikan oleh negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya