SOLOPOS.COM - Istimewa Suasana kamar di RedDoorz Syariah Near Transmart Lampung.

Solopos.com, SOLO — Platform akomodasi dan perhotelan, RedDoorz, mencatat adanya kenaikan booking di beberapa kota, termasuk Solo yang dipicu oleh banyaknya event skala nasional dan internasional.

Event tersebut seperti Piala Dunia U-17, tes CPNS nasional, konser musik, hingga festival budaya.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Head of Integrated Communications RedDoorz Indonesia, Cut Nany Indriani mengatakan okupansi hotel RedDoorz dan multi-brand di Solo, Yogyakarta, Jakarta, dan Palembang meningkat hingga 60 persen sejak awal November 2023.

“Pada awal November 2023, RedDoorz berhasil membukukan rekor tertinggi kenaikan jumlah booking hingga mencapai 60 persen hanya dalam waktu satu minggu,” kata dia dilansir dari rilis remi yang dikirimkan kepada Solopos.com, Jumat (1/12/2023).

Berdasarkan data RedDoorz, terlihat wisatawan lebih banyak melakukan booking untuk hotel-hotel RedDoorz dan multi-brand yang berada di Palembang, Yogyakarta, Solo, Bandung, dan Makassar.

Hotel Sekitar Manahan

Sejumlah hotel di Solo ramai dipesan jelang Final Piala Dunia U17 yang bakal berlangsung di Stadion Manahan Solo, Sabtu (2/12/2023) sudah dipesan.

Hal itu disampaikan oleh Humas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo, Wening Damayanti, Jumat (1/12/2023).

Ia mengatakan hotel di sekitar Stadion Manahan Solo menjadi jujukan penonton Piala Dunia U-17. “Yang pasti area ring satu Manahan [banyak dipesan oleh penonton final Piala Dunia U-17],” kata dia ketika dihubungi Solopos.com, Jumat (1/12/2023).

Dia mengatakan penonton yang menginap jelang final Piala Dunia U-17 didominasi oleh penonton domestik atau dalam negeri. Meski begitu Wening mengatakan masih ada penonton dari luar negeri yang menginap meski tidak banyak.

“Yang dari luar [negeri] juga tidak terlalu banyak,” kata dia. Wening juga menyebut kebanyakan penonton menginap di hotel berbintang mulai dari bintang 1 sampai 3.

Namun, dia mengakui tidak semua hotel di Solo mendapatkan dampak yang sama, terutama untuk hotel yang tidak ditunjuk sebagai penginapan resmi para pemain tim Piala Dunia U-17. Hotel-hotel di luar daerah Manahan Solo juga tidak mengalami kenaikan okupansi yang signifikan.

“Kalau hotel lainnya yang tidak dapat official pemain atau media masih biasa-biasa saja. Tidak ada kenaikan signifikan,” kata dia.

Hal serupa juga disampaikan oleh Public Relations The Sunan Hotel Solo, Tika Ratna saat dihubungi Solopos.com, Jumat (1/12/2023).

Tika mengatakan tidak ada kenaikan okupansi dari penonton final Piala Dunia U-17. Dia mengatakan tamu hotel didominasi dari korporasi yang melakukan meeting, incentive, conference, and exhibition (MICE). “Kebanyakan tamu MICE atau meeting di hotel,” kata dia.

Meski tidak didominasi oleh tamu penonton final Piala Dunia U-17, Tika menguraikan okupansi hotel tetap tinggi.

Pada, Sabtu (2/2/2023), kamar di The Sunan Hotel Solo bahkan sudah penuh terpesan. “Untuk periode di atas kamar sudah fully booked,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya