SOLOPOS.COM - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo (kedua dari kiri) memaparkan materi perputaran uang selama periode Lebaran, Kamis (13/4/2023). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono).

Solopos.com, SOLO — Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Solo memprediksi perputaran uang selama periode Lebaran 2023 senilai kurang lebih Rp6 triliun.

Realisasi outflow penukaran uang baru dari BI senilai Rp2,684 Triliun atau sebesar 64 persen.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Kepala KPw BI Solo, Nugroho Joko Prastowo mengatakan uang kartal yang disiapkan selama periode Lebaran berasal dari dua sumber, yakni Bank Indonesia dan transaksi antar bank.

Nominal uang dari BI senilai Rp4,1 triliun. Sedangkan, nominal transaksi antarbank senilai Rp1,9 triliun.

“Realisasi outflow penukaran uang baru dari BI senilai Rp2,684 triliun atau sebesar 64 persen. Sedangkan, realisasi outflow transaksi antarbank senilai Rp1,3 triliun. Total outflow penukaran uang baru sekitar 65 persen,” kata dia, Kamis (13/4/2023).

Puncak outflow perputaran uang periode Lebaran diperkirakan pada pekan ini dan awal pekan depan. Para aparatur sipil negara (ASN) dan karyawan telah menerima Tunjangan Hari Raya (THR).

Mereka bakal menyerbu pusat perbelanjaan untul membeli kebutuhan Lebaran.

Pria yang akrab disapa Joko ini menyampaikan kebutuhan uang baru saat periode Lebaran pada 2023 meningkat dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Kebutuhan uang baru pada periode Lebaran 2022 mencapai Rp5,6 triliun.

Saat periode libur Lebaran, jumlah uang yang berputar di Soloraya diperkirakan bertambah signifikan.

“Para pemudik membawa uang yang dikeluarkan di wilayah Soloraya. Uang itu dikekuarkan BI di daerah setiap pemudik. Mungkin selama sepakan saat periode libur Lebaran,” ujar dia.

Kondisi ini bakal berkontribusi positif terhadap perekonomian daerah. Aktivitas ekonomi di Solo selama periode Ramadan ditopang gelombang pemudik yang pulang ke kampung halaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya