SOLOPOS.COM - Suasana di Terminal Keberangkatan Bandara Adi Soemarmo, Rabu (9/3/2022). (Solopos/Ni'matul Faizah)

Solopos.com, SOLO — Bandara Adi Soemarmo dan Badan Teknis Perkeretaapian (BTP) Kelas I Wilayah Jawa Tengah masih menunggu data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait proyeksi jumlah pemudik pada 2023 ini.

Nantinyanya, setelah proyeksi dan data dari Kemenhub muncul, akan ada beberapa persiapan dan regulasi perjalanan jelang mudik Lebaran 2023.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Meski demikian, PT KAI sudah terlebih dulu mengumumkan cara pembelian tiket untuk mudik.

Legal Compliance & Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I, Gerrie Razaq, menjelaskan kepada Solopos.com Senin (6/3/2023), bahwa sejauh ini Bandara Adi Soemarmo masih belum melakukan persiapan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2023.

Namun, melihat tren tahun sebelumnya, yang dilakukan oleh pihak Bandara Adi Soemarmo adalah dengan menyiapkan posko terpadu.

“Saat ini kami belum melakukan persiapan, tetapi persiapan biasanya kami lakukan pasca posko terpadu lebaran kami buka, seperti yang sudah kami lakukan pada tahun lalu,” jelas Gerrie.

Untuk prediksi jumlah pemudik yang melakukan perjalanan menggunakan pesawat pada tahun ini, Gerrie menyebut masih menunggu survei dan prediksi yang dikeluarkan oleh Kemenhub.

Sejauh ini, juga masih belum ada maskapai yang mengajukan penambahan rute penerbangan.

“Saat ini kami belum bisa memberikan prediksi, biasanya kami akan menyesuaikan dengan prediksi dari Kemenhub. Maskapai juga belum ada yang menambah jadwal dan rute ke Adi Soemarmo,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Balai Teknik Perkeretapiaan Kelas I wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng), Putu Sumarjaya, juga mengatakan saat ini masih belum ada proyeksi jumlah penumpang yang berangkat ataupun tiba di stasiun Solo Balapan ataupun Purwosari.

Mereka masih akan ada inspeksi yang dilakukan menjelang arus mudik Lebaran 2023.

“Masih menunggu hasil surveinya dari Kemenhub seperti apa, kami juga masih akan ada inspeksi di akhir Maret tahun ini,” jelasnya.

Meskipun demikian, PT KAI sudah membuka loket pembelian tiket mudik Lebaran 2023. 

PT KAI menerapkan kebijakan dengan aturan menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan, sehingga per 26 Februari 2023, pelanggan sudah dapat membeli tiket untuk keberangkatan 12 April 2023.

Pemesanan tiket bisa melalui aplikasi KAI Access, website kai.id dan mitra resmi penjualan PT KAI.

Sedangkan pembelian tiket melalui loket di stasiun, hanya melayani penjualan tiket untuk tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya