SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo bersiap untuk kembali meramaikan traffic penerbangan nusantara. Untuk itu, Bandara Adi Soemarmo, akan menambah waktu operasional bandara mulai Rabu (25/10/2023). (Istimewa).

Solopos.com, BOYOLALI —  Bandara Adi Soemarmo bersiap untuk kembali meramaikan traffic penerbangan nusantara dengan menambah waktu operasional bandara mulai, Rabu (25/10/2023).

Sebelumnya, penerbangan di Adi Soemarmo yang beberapa tahun ini hanya melayani penerbangan domestik dan penerbangan internasional khusus haji, telah bertambah ramai dengan adanya penerbangan charter umrah rute Solo- Jeddah yang beroperasi setiap Sabtu.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (24/10/2023), General Manager PT Angkasa Pura I Adi Soemarmo Erick Rofiq Nurdin menyampaikan, untuk mendongkrak peningkatan jumlah penerbangan, penumpang dan kargo pesawat udara, pihaknya akan melakukan penambahan jam operasional Bandara Adi Soemarmo.

“Mulai tanggal 25 Oktober 2023, jam operasional Bandara Adi Soemarmo yang semula beroperasi dari jam [pukul] 08.00-17.00 WIB, akan ditambah menjadi dari jam [pukul] 07.00-19.00 WIB,” jelasnya

Erick juga menyampaikan perubahan jam operasional ini telah disepakati oleh pihak-pihak yang terkait, seperti Perum Airnav Indonesia/LPPNPI dan Lanud Adi Soemarmo.

Penambahan jam operasional ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi maskapai untuk menambah rute penerbangan atau membuka rute baru dari dan ke Bandara Adi Soemarmo.

Disinggung mengenai peningkatan jumlah penerbangan, Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager Bandara Adi Soemarmo, Hermawati P. menyebut  penambahan waktu operasional diharapkan bisa menarik maskapai menambah frekuensi penerbangan di Bandara Adi Soemarmo.

“Kami harapkan dengan penambahan jam operasional Bandara ini dapat menjadi trigger bagi para maskapai untuk menambah frekuensi penerbangan maupun membuka rute baru dari dan ke Bandara Adi Soemarmo,” ulasnya.

Sebagai informasi, Bandara Adi Soemarmo melayani sejumlah rute domestik yakni Solo-Jakarta, baik ke Bandara Soekarno Hatta (CKG) atau Halim Perdana Kusuma (HLP).

Selain itu ada rute Solo-Bali (DPS) dan Solo-Pontianak (PNK). Sedangkan untuk pesawat charter yakni penerbangan umrah rute Solo-Jeddah (JED) beroperasi setiap hari Sabtu.

Untuk penerbangan Solo-Jeddah, dibuka oleh maskapai Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Groupdengan penerbangan langsung (non-stop) dari Solo ke Saudi Arabia mulai, Jumat (9/9/2023).

Saat ini, jumlah penerbangan reguler di Bandara Adi Soemarmo sebanyak 20-22 flight. Pada akhir pekan bertambah menjadi 26 penerbangan, dengan tambahan pesawat charter dan extra flight.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya