SOLOPOS.COM - Foto penumpang menuju pintu keberangkatan Bandara Adi Soemarmo, Boyolali. (istimewa/Bandara Adi Soemarmo)

Solopos.com, BOYOLALI – Bandara Adi Soemarmo resmi menambah rute penerbangan dari Solo-Pontianak (PP). Nantinya Maskapai Super Air Jet akan melakukan penerbangan perdana untuk rute tersebut.

Pejabat Pengganti Sementara (PGS) General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Ibnu Solihin, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (5/7/2023) mengatakan rute Solo-Pontianak mulai beroperasi, Jumat (7/7/2023). Ia menyebut, rute baru ini bisa menjadi penghubung antara Pulau Jawa dengan Kalimantan

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Operasional Penerbangan Rute Solo–Pontianak (PP) dari Bandara Adi Soemarmo akan dilayani setiap hari. Jadwal Solo–Pontianak berangkat pada pukul 08.00 WIB,” jelas Ibnu Solihin.

Lebih lanjut, Ibnu mengatakan penerbangan Solo-Pontianak (PP) akan menggunakan pesawat Airbus 320-200 Nomor Penerbangan IU-654 kapasitas 180 kursi. “Untuk jadwal penerbangannya Solo (SOC)-Pontinanak (PNK) nomor penerbangan IU-654 dengan jadwal berangkat pukul 08.00 WIB dan jadwal tiba pukul 09.40 WIB,” tambahnya..

Selanjutnya, penerbangan Pontianak (PNK)-Solo (SOC) dengan nomor penerbangan IU-655 berangkat pukul 15.10 WIB dan jadwal tiba 16.55 WIB. “Dengan bertambahnya rute penerbangan ini diharapkan bisa menjadi penghubung antara Kalimantan dan Jawa Tengah,” katanya. 

Sebagai informasi, Bandara Adi Soemarmo merupakan bandara internasional yang terletak di Ngemplak, Boyolali, yang melayani delapan penerbangan baik berangkat ataupun kedatangan setiap harinya. Bandara Adi Soemarmo memiliki fasilitas lengkap seperti layanan imigrasi, bea cukai, bahkan kereta bandara. Memiliki Runway sepanjang 2.600 meter dan lebar 45 meter, sementara luas apron 56.700 meter persegi, mampu menampung 10 pesawat. 

Sementara luas terminal yang dimiliki 13.000 meter persegi dengan kapasitas 1,5 juta penumpang setiap tahun. Adi Soemarmo bisa digunakan untuk mendarat pesawat dengan wide body seperti Airbus A330. Pesawat jenis ini membutuhkan landasan pacu untuk take off 2.300 meter dan landing 1.800 meter, dengan jumlah penumpang 295 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya