SOLOPOS.COM - Kawasan Bandar Udara Adi Soemarmo – Solo, Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Soemarmo melakukan gerakan Tukar Sampah Plastik dengan Pupuk Organik, Jumat (28/7/2023). (Istimewa).

Solopos.com, BOYOLALI — Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Soemarmo melakukan gerakan Tukar Sampah Plastik dengan Pupuk Organik, Jumat (28/7/2023).

Hal itu dilakukan sebagai upaya mengampanyekan pengurangan sampah di Kawasan Bandar Udara Adi Soemarmo – Solo. Mengingat, persentase jumlah sampah organik pada neraca limbah semester I di Bandara Adi Soemarmo 2023 mencapai 58 persen.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (28/7/2023), Pejabat Pengganti Sementara (PGS) General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Soemarmo, Ibnu Solikin, mengatakan, upaya ini bertujuan mengurangi sampah organik yang cukup banyak di Bandara Adi Soemarmo.

“Untuk saat ini sampah terbanyak di Bandar Udara Adi Soemarmo adalah sampah organik, sehingga Kami berupaya untuk mengurangi sampah organik ini dengan system composting,” jelas Ibnu Solikin.

Selain dengan sistem composting, pihaknya juga melakukan pengurangan sampah makanan dengan menggunakan Maggot. Dengan upaya yang telah dilakukan tersebut, Bandar Udara Adi Soemarmo mampu mengurangi sampah organik hingga 25 persen.

Demi terus menggerakkan promosi pengurangan sampah, Ibnu Solikin memprogramkan kepada seluruh Komunitas Bandara untuk mengumpulkan sampah plastik dan menukarnya dengan Pupuk Kompos.

Ibnu Solikin juga menambahkan, saat ini ketersediaan pupuk sebanyak 100 pcs dengan berat masing-masing 2,5 kilogram. Namun, apabila pengumpulan sampah lebih banyak dari quota yang disediakan, pihaknya akan menyediakan pupuk dalam karung besar.

Sampah plastik yang terkumpul kemudian bakal didaur ulang sehingga sampah plastik dapat terdaur ulang dengan baik dan kelestarian bumi dan lingkungan tetap terjaga.

Kegiatan ini diharapkan menjadi program berkelanjutan, sehingga hasil dari composting yang dilaksanakan Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Soemarmo bermanfaat bagi masyarakat di sekitar Bandar Udara Adi Soemarmo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya