SOLOPOS.COM - Pekerja melakukan pengepakan beras dari mesin 'rice to rice' (RTR) sebelum kunjungan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kompleks pergudangan modern Perum BULOG di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (11/3/2022). Kunjungan wakil presiden tersebut dalam rangka mengamati pengelolaan dari mesin 'rice to rice' (RTR) serta memastikan ketersediaan bahan pokok menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2022. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

Solopos.com, JAKARTA–Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi memastikan ketersediaan pangan masih aman dan harga stabil seusai Lebaran.

“Secara umum semua bahan pangan pokok tersedia dan harga stabil berdasarkan pemantauan secara langsung ke pasar tradisional,” kata Arief dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (7/5/2022).

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Badan Pangan Nasional memantau langsung ke beberapa lokasi pasar tradisional mulai dari wilayah Sumatra, Sulawesi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Bogor dan sekitarnya.

Kegiatan pemantauan itu untuk memastikan ketersediaan dan harga pangan stabil di momentum liburan Lebaran 2022 karena tahun ini pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Baca Juga: Hati-Hati, Tim Temukan Bahan Pangan Berbahaya di Pasar Legi

Berdasarkan pemantauan, harga daging sapi segar terbilang stabil dengan rata-rata nasional Rp137.050 per kilogram atau sama seperti harga sebelum Lebaran.

Selain itu, harga daging ayam ras berada di kisaran Rp38.000 sampai Rp40.000 per kilogram tergantung ukuran.

“Beras medium harga relatif stabil di harga Rp10.830 per kilogram, bawang merah Rp35.740 per kilogram, bawang putih Rp30.850 per kilogram, cabe merah keriting dan cabe rawit merah masih stabil di kisaran mulai Rp30.000 sampai Rp45.000 per kilogram,” ujar Arief.

Sementara itu mengenai komoditas gula pasir di beberapa pasar tradisional tersedia dengan kisaran harga Rp14.000 sampai Rp15.000 per kilogram, telur Ayam pada kisaran Rp26.000 per kilogram.

Meski beberapa pasar tradisional terpantau sepi, lanjutnya, pengunjung selama hampir sepekan pasca Lebaran, namun harga komoditas pangan relatif stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya