SOLOPOS.COM - Konsep Azana Essence Villa (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sejak pertengahan tahun 2020, wisata luar ruang menjadi primadona bagi sekelompok masyarakat dan komunitas yang mulai mencintai kegiatan NEWA (Nature, Eco, Wellness, Adventure) dibarengi dengan trend pariwisata yang telah bergeser ke alam.

Menurut hasil survei Jakpat pada November 2021 lalu yang diberitakan oleh katadata.co.id, wisata alam jadi aktivitas favorit bagi masyarakat Indonesia yang berencana berlibur saat Natal dan Tahun Baru. Sebanyak 69% responden atau mayoritas mengatakan wisata alam menjadi pilihan liburan pada akhir tahun nanti. Disusul wisata kuliner sebagai pilihan favorit kedua dengan suara 62% responden, kemudian taman hiburan dengan 47% responden.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Hotel yang mengandalkan suasana alam akan menjadi favorit baru termasuk konsep glamping yang mulai marak dibangun di beberapa daerah yang berada di sekitar hutan, pegunungan, dekat persawahan, dan sekitar pantai.

Baca juga: Kelola 61 Hotel, CEO Azana Hotels Yakin Industri Perhotelan Menggeliat di 2022

“Saya yakin konsep vila dan glamping tidak akan mengambil pasar hotel building yang sudah ada, namun ini merupakan pasar baru yang muncul dari non user yang sebelumnya tidak melirik hotel sebagai tempat wisata, sekarang menjadi user dengan market size yang semakin besar jumlahnya,” ujar Founder & CEO Azana Hotels & Resorts Dicky Sumarsono dalam siaran pers, Senin (13/12/2021).

azana hotel
Dicky Sumarsono (Istimewa)

Menurut dia, Azana Hotels & Resorts menyiapkan konsep glamping berbentuk vila mewah di lokasi outdoor berbasis alam dengan udara segar yang menghadirkan pengalaman baru dalam menginap di hotel di tengah alam, dengan spirit NEWA.

“Azana Essence merupakan pilihan terbaik untuk group outing, pasangan muda yang ingin staycation, millennial, corporate, dan mereka yang sangat menyukai petualangan. Lokasi Azana Essence kami fokuskan berada di kawasan alam berudara bersih,” jelasnya.

Konsep dan Fasilitas Vila

Pihaknya akan mengoperasionalkan Azana Essence di tahun 2022 di Sarangan, Pasuruan, Kopeng, Karangpandan, dan beberapa area di Kota Batu Malang.  Tipe-tipe vila yang disiapkan berkonsep Japanesse Villa, Modular Modern Cabin, Double Modular Cabin, serta Tiny Home Villa dilengkapi fasilitas meeting room camp, jogging track, barbeque corner, restaurant, onsen pool, dan lain-lain yang dirancang secara knock down.

Baca juga: Pengusaha Wajib Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Kian Moncer

Hal itu untuk memudahkan pemindahan vila ke area yang memiliki crowd lebih tinggi setelah beroperasi pada periode tertentu.

Menurut Dicky, Azana Essence mempunyai beberapa unique selling point (USP) yang berbeda dengan konsep glamping lainnya antara lain:

1. Konsep vila dengan standar hotel berbintang
2. Di dalam setiap vila dilengkapi dengan TV, shower room dan toilet, wifi, air panas dan dingin, serta kasur dan sanitari selayaknya hotel berbintang
3. Waktu instalasi vila yang sangat cepat dengan cost yang sangat efisien
4. Azana Essence didesain menjadi hotel yang ramah lingkungan, yang pembangunannya tidak ada waste-nya
5. Vila bisa di-install dan unistall dengan mudah dan cepat
6. Vila juga memiliki ketahanan terhadap angin sampai 125mph, tahan gempa, dan tahan beban hingga 245kg/m2
7. Fasilitas terlengkap di kelasnya

“Saat ini kita memang harus mengeksplorasi berbagai peluang, menangkap peluang bisnis baru, intuisi bisnis harus selalu terasah, selalu membangun momentum secara optimal, dan bisa mengantisipasi segala kebutuhan customer, serta bisa menyajikan solusi untuk customer,” terangnya.

Baca juga: Pandemi Sisakan Tantangan Kompleks Bidang Ekonomi, Apa Itu?

Dicky menuturkan hotel-hotel di bawah Azana yang berlokasi di sekitar resort seperti Wonosobo, Tawangmangu, Magelang, Batu Malang pada Desember ini ditargetkan bisa meraih okupansi di atas 95% sedangkan yang berlokasi di kota, ditargetkan mencapai okupansi rata-rata di angka 80%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya