SOLOPOS.COM - Ilustrasi bepergian naik pesawat. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkomitmen untuk mengawasi program potongan harga tiket pesawat yang tengah dilakukan sejumlah maskapai untuk mencegah terjadinya perang tarif yang tidak sehat.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan, kehadiran promo diskon tiket pada dasarnya wajar dilakukan. Menurutnya, hal ini merupakan strategi pemasaran dan penjualan dari masing-masing maskapai untuk menarik konsumen.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Pada dasarnya, tarif diskon, gratis dengan syarat, dan lainnya itu bagian dari strategi untuk menarik pelanggan saat low season, atau juga bersiap untuk menghadapi peak season,” jelas Adita saat dihubungi, Senin (19/2/2024).

Dia mengatakan, program diskon tarif tersebut juga menjadi perhatian Kemenhub, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Adita mengatakan, pihaknya terus mengawasi penyelenggaraan program-program seperti pemberian diskon tiket pesawat agar tidak melanggar tarif batas bawah (TBB) yang telah ditentukan.

Dia mengatakan, tarif batas atas (TBA) dan TBB dikeluarkan oleh pemerintah untuk melindungi konsumen dan pelaku usaha penerbangan.

Secara terperinci, TBA dirancang untuk melindungi konsumen, sedangkan TBB dikeluarkan agar pelaku usaha tidak terjebak dalam perang tarif yang tidak sehat.

Adita mengatakan, baik TBA maupun TBB tiket pesawat telah ditetapkan per rute sehingga besarannya pun tidak sama rata. Pengawasan yang dilakukan Kemenhub pun juga dilakukan per rute yang sudah ditetapkan.

Dia melanjutkan, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara tetap melakukan pengawasan dan penindakan jika terbukti ada pelanggaran terhadap TBB pada program-program diskon ini.

“Hal ini [promo tarif] harus tetap diawasi agar tidak melanggar TBB yang bisa menjurus pada perang tarif yang dapat merugikan operator sendiri. Untuk sanksinya sama dengan pelanggaran TBA, mulai dari teguran sampai denda,” katanya.

Sebagai informasi, beberapa maskapai saat ini tercatat tengah mengadakan program diskon tiket pesawat. AirAsia Indonesia menghadirkan promo tiket pesawat gratis (free seat) dan banting harga tiket untuk rute internasional jelang Ramadan 2024.

Direktur Utama AirAsia Veranita Yosephine mengatakan, promo ini sudah dapat dipesan mulai hari ini, Senin (19/2/2024), hingga 25 Februari 2024 mendatang untuk periode keberangkatan 1 September 2024 hingga 18 Juni 2025.

Program ini dibuka untuk keberangkatan dari Jakarta, Bali, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Pekanbaru, Padang, dan Kertajati. Beberapa rute internasional pada promo ini di antaranya menuju Perth, Singapura, Kuala Lumpur, Penang, Bangkok dan lainnya.

Sementara itu, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) pada hari ini resmi membuka Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF) Anniversary edition 2024 yang menghadirkan potongan harga hingga 80%.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, program promo ini berlaku baik untuk tiket perjalanan domestik maupun internasional. Pemesanan tiket ini dibuka mulai 19-28 Februari 2024 untuk periode perjalanan mulai 15 Februari 2024 hingga 14 Februari 2025.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Maskapai Ramai-ramai Tebar Diskon Tiket Pesawat, Kemenhub Siap Awasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya