SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan menguat pada hari pertama perdagangan 2023, Senin (2/1/2023) dengan menembus level 7.000.

Secara teknis Tim Riset MNC Sekuritas menjelaskan IHSG pekan lalu yang ditutup terkoreksi di posisi 6.850 atau 0,1 persen masih berada di atas level supportnya yaitu 6.715, maka maka posisi IHSG masih berada pada bagian dari wave (y) dari wave [x].

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Hal tersebut berarti, meskipun terkoreksi, diperkirakan akan cenderung terbatas untuk menguji 6.760 -6.797 terlebih dahulu, selanjutnya IHSG berpeluang menguat ke arah 6.932 – 7.023,” kata MNC Sekuritas dalam riset harian, Senin (2/1/2023).

Namun demikian, MNC Sekuritas mengatakan bahwa investor harus waspadai akan adanya koreksi dari IHSG yang cukup agresif apabila IHSG break support 6.715. IHSG memiliki level support di angka 6.715, 6.693 dan level resistance di angka 6.955, 7.094. Sejalan dengan prediksi tersebut, MNC Sekuritas merekomendasikan beberapa saham yaitu, ANTM, ERAA MYOR, dan UNTR.

Sementara itu Phintraco Sekuritas memproyeksikan penguatan IHSG di hari pertama perdagangan 2023 berdasarkan posisi IHSG yang bertahan di atas MA 20 (6.840).

“Ekspektasi pelaku pasar yang lebih positif di awal tahun akan pertumbuhan ekonomi yang lebih positif di 2023 diharapkan dapat memberikan peluang January Effect atau penguatan di Januari 2023,” kata Tim Riset, dikutip Senin (2/1/2023).

Selain hal tersebut, Phintraco menyebutkan dua katalis positif yaitu adanya permintaan batu bara oleh negara importir untuk menggantikan Rusia serta pencabutan kebijakan PPKM di Indonesia.

“Perang Rusia – Ukraina menyebabkan negara barat mencari alternatif lain untuk menggantika pasokan batu bara dari Rusia, dimana akan berdampak positif pada ekspor batu bara RI ke Eropa. Selain itu, pencabutan PPKM menyebabkan peningkatan mobilitas masyarakat,” jelas Tim Riset.

IHSG diproyeksikan memilik level resistance di angka 6.950, level pivot di angka 6.850 dan level support di angka 6.800. Seiring dengan prediksi tersebut, Phintraco menyebutkan beberapa saham yang dapat diperhatikan pada perdagangan hari ini, yaitu MAPI, ANTM, INDF, MEDC, ADRO dan HRUM.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya