SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) diprediksi kembali melemah secara teknikal pada perdagangan Rabu (1/3/2023) hari ini .

Analis RHB Sekuritas Muhammad Wafi dalam risetnya mengemukakan IHSG terlihat kembali melakukan koreksi dengan bearish engulfing candle disertai volume untuk menguji support garis MA50 sekaligus support sideways channel-nya.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Jika breakdown support garis MA50 maka akan memberi konfirmasi fase bearish-nya untuk menguji level terendahnya di Januari 2023,” kata Wafi.

Namun selama bertahan di atas garis MA50, maka IHSG berpeluang untuk kembali rebound dan menguji resistance terdekatnya di garis MA100. Wafi memperkirakan IHSG akan bergerak di rentang 6.800—6.900 pada perdagangan hari ini.

Berikut sejumlah rekomendasi saham RHB Sekuritas untuk hari ini antara lain INCO, HRUM, JPFA, dan INDY.

Kemarin, Selasa (28/2/2023), IHSG ditutup melemah 11 poin atau 0,17 persen ke level 6.843. Sektor infrastruktur, consumer noncyclicals, finansial, consumer cyclicals, dan teknologi bergerak negatif sehingga menekan IHSG.

Analis Senior Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan mengawali Maret 2023, akan terdapat rilis data perekonomian berupa data inflasi yang disinyalir berada dalam angka stabil mengingat kondisi perekonomian yang kembali menggeliat serta sektor riil yang terus bergerak.

“Data ini dapat memberikan angin segar terhadap pola gerak IHSG hingga beberapa waktu mendatang, sedangkan kondisi pergerakan IHSG saat ini terlihat lebih bersifat konsolidatif dengan potensi kenaikan jangka pendek yang masih terbuka,” jelasnya dalam riset, Rabu (1/3/2023).

Menurutnya hari ini IHSG berpotensi menguat terbatas pada kisaran 6.789–6.954. Adapun saham-saham yang menjadi rekomendasi antaralain ICBP, ASII, ITMG, BSDE, HMSP, AKRA, dan ASRI. Secara terpisah, Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai berdasarkan analisa teknikal, IHSG hari ini berpotensi melemah terbatas pada rentang 6.809–6.899.

“Ada potensi menguat, namun akan tergantung data inflasi, cermati dan amati,” jelasnya. Nico merekomendasikan investor untuk mencermati saham ANTM dengan target support dan resistensi 1.950-2.070, saham MDKA pada 4.430-4.640, dan saham BRPT pada 905-980.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya