SOLOPOS.COM - Layanan di kantor Imigrasi. (Ilustrasi/Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA —Masyarakat dapat mengakses fasilitas Paspor Simpatik setiap akhir pekan (Sabtu-Minggu) dan Eazy Passport khusus kelompok rentan setiap hari kerja (Senin-Jumat) selama 7-25 Januari 2023.

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, kebijakan tersebut diterbitkan Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke-73 yang akan jatuh pada 26 Januari 2023.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Paspor Simpatik adalah layanan paspor yang dilakukan di hari Sabtu dan Minggu dengan kuota paspor walk-in yang ditentukan oleh kantor imigrasi. Layanan ini diberikan mencermati permohonan paspor yang terus meningkat, sekaligus memfasilitasi masyarakat yang hanya memiliki waktu di akhir pekan,” ungkap Direktur Jenderal Imigrasi (Dirjen Imigrasi) Silmy Karim pada Sabtu (6/1/2023).

Sementara itu, layanan Eazy Passport, lanjut Silmy, dibuka untuk pemohon kelompok rentan yakni anak-anak usia balita (0-5 tahun), lansia usia 60 tahun ke atas serta penyandang difabel.

Kali ini, tidak ada jumlah minimal pemohon yang harus dikumpulkan untuk mendapatkan layanan Eazy Passport. Khusus kantor imigrasi di Wilayah DKI Jakarta, Eazy Passport juga akan didukung dengan Mobil Layanan Paspor.

“Pembukaan Easy Passport di setiap hari kerja hingga mendekati HBI dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat di penjuru negeri. Mudah-mudahan layanan ini bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan, khususnya bagi masyarakat kelompok rentan,” tuturnya.

Pelaksanaan Paspor Simpatik dan Eazy Passport didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI- 0005.KP.04.01 Tahun 2023 Tentang Panitia Nasional Hari Bhakti Imigrasi ke 73 Tahun 2023.

Selain layanan Paspor Simpatik dan Eazy Passport, Ditjen Imigrasi beserta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Imigrasi juga akan menggelar serangkaian acara yang melibatkan masyarakat di setiap wilayah kerja kantor imigrasi.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta juga turut menyelenggarakan Paspor Simpatik dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73. Kepala Kantor, Winarko, menyampaikan bahwa Paspor Simpatik akan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 7, 14, dan 21 Januari 2023.

“Kemarin Sabtu tanggal 7 Januari adalah pelaksanaan pertama, Alhamdulillah sebanyak 12 orang pemohon layanan paspor baru dan penggantian serta 7 orang pengambil paspor hadir dalam layanan tersebut” jelas Winarko.

Menurut Winarko, Paspor Simpatik memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengurus paspor pada akhir pekan tanpa perlu mendaftar online.

“Masyarakat bisa langsung datang dengan membawa berkas persyaratan asli dan fotokopinya dalam kertas A4 untuk mengurus paspor dengan kuota 30 orang per hari,” lanjut Winarko.

Selain pelayanan paspor baru dan penggantian paspor habis berlaku/halaman penuh/ganti jenis paspor (E-Paspor), tersedia juga layanan pengambilan paspor selesai bagi pemohon paspor yang sudah menerima notifikasi paspor selesai.

Layanan Paspor Simpatik juga bisa diakses di Kantor Imigrasi Surakarta yang berada di Kecamatan Colomadu, Karanganyar pada pukul 08.00 WIB-11.00 WIB. Winarko berharap Paspor Simpatik dapat membantu masyarakat mendapatkan paspor dengan lebih mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya