SOLOPOS.COM - CEO Artugo, Robert Widjaja. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — PT Kreasi Arduo Indonesia sebagai pemegang merek Artugo terus mengembangkan fitur dan teknologi pada setiap produknya demi memastikan fungsi maksimal dan kepraktisan.

Produk home appliances diyakini akan terus diburu konsumen. Perkembangan fitur dan teknologi memungkinkan satu produk memiliki multifungsi atau pun satu fungsi yang bekerja maksimal.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Sisi fungsi dan kepraktisan produk menjadi hal yang dipertimbangkan konsumen. Peluang mengembangkan fitur dan teknologi demi memastikan fungsi maksimal dan kepraktisan itulah yang tengah digarap PT Kreasi Arduo Indonesia.

Perusahaan penyedia peralatan rumah tangga itu merupakan pelaku industri home appliance. Artugo hadir di pasar Indonesia sekitar 2020.

Di tengah pandemi Covid-19, Artugo muncul dan menyeriusi produk chest freezer. Perubahan kebiasaan masyarakat di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan justru menjadi peluang bagi Artugo.

Pandemi membuat banyak orang beraktivitas di rumah, termasuk melahirkan usaha-usaha rumahan. Dengan kondisi itu, permintaan chest freezer naik.

Lini cool product pada 2022 berkontribusi 50% untuk seluruh penjualan Artugo Cabang Solo. Lini hot product berkontribusi 30%.

Sedangkan lini hygiene product dalam penjualan produk selama 2022 memberikan kontribusi sebesar 20%. Sejak hadir di Solo pada 2021 lalu, Artugo Cabang Solo menunjukkan pertumbuhan 30% pada 2022.

Artugo memasarkan produk peralatan rumah tangga dalam tiga lini produk. Yang pertama cool product yakni chest freezer, water dispense, show case, dan display cooler. Selanjutnya hot product yang diisi peranti perlengkapan dapur, seperti kompor tanam gas maupun listrik, cooker hood, freestanding cooker, cooker hood, dan oven.

Lini terakhir hygiene product terdiri dari water heater gas maupun listrik, vacuum cleaner, dan air purifier. CEO Artugo, Robert Widjaja, mengungkapkan Artugo berkembang positif, baik dari sisi tren branding dan penjualan.

Minat konsumen terhadap Artugo makin meningkat seiring dengan dikenalnya produk Artugo oleh masyarakat. “Dari sisi cover area juga makin luas, untuk menjangkau konsumen lebih banyak lagi,” kata Robert kepada Solopos.com, Kamis (23/3/2023).

Seusai pandemi, Artugo semakin fokus menggarap UMKM sebagai denyut ekonomi masyarakat yang terus berkembang. Hingga kini UMKM tetap menjadi salah satu segmen utama yang menjadi sasaran Artugo.

Hal itu sejurus dengan kebutuhan terhadap produk home appliance penunjang usaha diyakini meningkat. Utamanya produk chest freezer, show case, dan display cooler.

Berbagai program telah diusung oleh Artugo untuk menguatkan pasar utamanya yakni rutin menggandeng komunitas UMKM dalam bentuk forum diskusi, mendukung acara eksebisi UMKM yang sering diselenggarakan di pemerintah daerah, lembaga pelatihan kerja, maupun swasta.

Selain itu, optimisme industri produk elektronik home appliance didukung semakin banyak pembangunan perumahan baru. Dari segmen rumah tangga, kompor tanam gas dan water heater paling diminati.

“Artugo menjawab dengan memperkaya varian produk kebutuhan dapur. Kompor, oven, cooker hood, dan lainnya. Spesifikasi bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan jenis desain dapur minimalis, tematik, maupun keluarga besar,” lanjut Robert.

Optimisme tersebut harus diimbangi dengan inovasi dan kualitas pelayanan yang mumpuni. Artugo memperlihatkan dengan memberi sentuhan pembeda pada produknya.

Misalnya tampilan warna warni dan kabinet dalam yang kuat karena dari besi, khususnya pada produk chest freezer. Kemudian kompresor dengan kemampuan kerja optimal pada tekanan yang tidak stabil.

Dari sisi servis, Artugo memberi garansi servis berbasis digital. Mulai dari pendaftaran online hingga service tracking serta memberi solusi paling lama tujuh hari kerja.

Artugo mempertahankan layanan servis mumpuni sebagai salah satu tulang punggung. “Di dalamnya termasuk memastikan kemudahan dan kecepatan dalam memberikan pelayanan purnajual kepada konsumen,” ungkapnya.

Bukan hanya servis berbasis digital, perusahaan penyedia peralatan rumah tangga itu juga memanfaatkan tren belanja produk elektronik secara online. Artugo memanfaatkan kanal marketplace yang dimiliki oleh mitra dealer.

Artugo juga memaksimalkan penggunaan media sosial dan website untuk mengarahkan preferensi konsumen dalam memilih produk. Termasuk menjelaskan keunggulan, pengaplikasian, lini produksi, hingga spesifikasi produk.

Pengelola merek home appliances lokal itu tidak ingin berpuas diri dengan pencapaian saat ini. Artugo masih terus meningkatkan kualitas produk. Misalnya, semakin memperkuat kualitas kabinet dalam PCM atau PCM inner cabinet dalam produk pembeku.

Tak hanya kualitas, Artugo juga mempercantik penampilan dengan mengusung konsep warna hitam. Berikutnya, Artugo akan mulai ekspansi dengan memperkuat pasar produk di wilayah Indonesia bagian barat pada 2023.



“Kami perkuat lagi dengan model baru berwarna hitam menyambut ulang tahun ketiga dan ekspansi ke wilayah Indonesia barat. Memperluas area pemasaran untuk memudahkan akses konsumen dalam mendapatkan produk. Kami bekerja sama dengan banyak dealer di daerah.,” tuturnya.

Pada momen Ramadan hingga Lebaran ini Artugo meluncurkan program khusus untuk menarik minat konsumen. Program cash back hingga Rp500.000 untuk pembelian chest freezer dan showcase. Selain itu hadiah langsung untuk pembelian produk Artugo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya