SOLOPOS.COM - Ilustrasi bisnis. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Solo menilai keberhasilan pemilihan umum (Pemilu) memberikan kontribusi yang positif, minimal bisa menurunkan eskalasi risiko usaha.

Hal itu ungkapkan oleh Wakil Sekretaris Apindo Solo, Sri Saptono Basuki, kepada Solopos.com, Jumat (26/4/2024). Basuki menilai kalangan pengusaha cukup memahami mitigasi risiko menjadi salah satu hal yang diperhatikan untuk menghadapi perubahan.

Promosi Fokus Transformasi, Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5%

“Keberhasilan Pemilu memberikan kontribusi positif, minimal menurunnya eskalasi risiko usaha,” kata dia.

Akan tetapi, lanjutnya tingginya faktor kondisi geopolitik dan ekonomi global memberikan tekanan dunia usaha dalam bergerak. Basuko melihat ekonomi riil tidak begitu terlalu bergerak naik karena dampak Pemilu, maka dunia usaha lebih hati hati dalam membaca akan arah ke mana.

Meski ada kecenderungan pertumbuhan eknomi yang positif terlihat dengan menguatnya indeks harga saham gabungan, menurutnya pergerakan dolar ini memberi kontribusi dalam membuat pengusaha kembali wait and see, baik untuk ekspansi dan investasi.

Dengan kondisi tersebut, Basuki menyebut kalangan pengusaha cenderung bertahan misalnya dengan meningkatkan efisiensi. Kalangan pengusaha juga mengukur produktivitas usaha.

“Mengurangi waste, termasuk pula pengetatan budget, seiring dengan meningkatnya suku bunga, sementara daya beli belum begitu pulih. Apalagi sebentar lagi kebutuhan sekolah, dan masalah Pilkada nanti dan pelantikan presiden yang diiringi pidato awal sebagai dasar arah bergeraknya sektor riil dan dunia usaha,” ujarnya.

Dia berharap pemerintah baru akan melakukan kebijakan yang berpihak pada bertumbuhnya ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya