SOLOPOS.COM - Ilustrasi resesi (freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Dalam beberapa pekan terakhir, kata resesi muncul di sejumlah media, baik di media massa, maupun media sosial. Apa maksud dari resesi?

Dari penelusuran Solopos.com, Jumat (4/11/2022), maksud atau definisi resesi secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk yang terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Maksud dari resesi ini arahnya aktivitas ekonomi mulai terganggu dan berakibat pada pelemahan daya beli serta perlambatan ekonomi. Dampaknya, antara lain sektor riil menahan kapasitas produksinya sehingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akan sering terjadi bahkan beberapa perusahaan mungkin menutup dan tidak lagi beroperasi.

Selain itu, maksud resesi membuat kinerja instrumen investasi mengalami penurunan sehingga investor cenderung menempatkan dananya pada bentuk investasi yang aman.

Tak hanya itu, maksud resesi membuat ekonomi yang semakin sulit berdampak pada pelemahan daya beli masyarakat karena mereka akan lebih selektif menggunakan uangnya dengan fokus pemenuhan kebutuhan terlebih dahulu.

Maksud resesi ini adalah bagian dari siklus bisnis atau ekonomi, sehingga kita harus bisa melewati dan recovery secepat mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya