SOLOPOS.COM - Ilustrasi e-commerse (Freepik).

Solopos.com, SOLO – Seiring makin berkembangnya bisnis yang memanfaatkan layanan teknologi digital, makin sering kita mendengar istilah e-commerce atau electronic commerce. Lalu, apa sebenarnya e-commerce itu? Simak artikel berikut ini.

E-Commerce atau electronic commerce adalah suatu proses transaksi jual beli yang dilakukan secara online melalui media elektronik dan dari suatu marketplace tertentu. Saat ini, ecommerce paling banyak dilakukan melalui internet dan diikuti dengan kemunculan berbagai marketplace dari berbagai perusahaan.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Marketplace tentunya berbeda dengan e-commerce. Marketplace adalah perantara yang dapat mempertemukan penjual dan pembeli di dalam satu tempat. Contoh platform marketplace sendiri banyak seperti toko oren, toko hijau, website, dan masih banyak yang lainnya.

Namun, website sendiri adalah salah satu marketplace yang lebih baik dimiliki oleh setiap penjual. Karena dengan website, pembeli menjadi lebih mudah mencari produk yang ditawarkan melalui internet. Harga pembuatan website sendiri sangat bervariasi tergantung pada jasa yang digunakan. Jika anda sedang mencarinya, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Apa itu e commerce?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, e-commerce merupakan suatu tindakan transaksi jual beli online. Pada hal ini, e-commerce sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda.

Jenis jenis e-commerce yang paling umum yaitu:

1. Business to business

Transaksi jual beli tidak hanya terjadi dari perusahaan ke pembeli, namun perusahaan dengan perusahaan juga ada. Contohnya seperti perusahaan A membeli peralatan kantor seperti kursi, meja, komputer ke perusahaan perkakas dan perusahaan elektronik.

2. Business to public administration

Hal ini mirip dengan jenis e-commerce sebelumnya, namun kali ini dengan organisasi pemerintahan. Contohnya seperti pembuatan website untuk memanajemen sebuah transaksi jual beli kepada customer.

 3. Business to customer

Jenis kali ini biasanya terjadi di para pengecer atau pedagang biasa. Transaksi antara pembeli dan penjual seperti biasa. Contohnya adalah seorang pembeli akan membeli sebuah baju kepada penjual baju online.

4. Customer to customer

Contoh dari jenis e-commerce kali ini adalah ketika satu orang menjual barang bekas ke orang lain.

5. Customer to public administration

Jenis e-commerce kali ini dilakukan oleh perorangan dengan instansi pemerintah. Biasanya hal ini dapat berupa jasa.

6. Customer to business

Jenis transaksi kali ini adalah dari perorangan kepada perusahaan. Contohnya adalah perusahaan membutuhkan jasa pembuatan logo untuk bisnisnya.

Manfaat E-commerce

1. Penjual tidak perlu modal yang banyak

Karena transaksi ini dapat dilakukan dirumah, maka penjual pun tidak perlu menyewa kios atau toko, etalase, kendaraan untuk pulang pergi, dan lainnya. Selain itu, para penjual dapat melakukan hal lainnya sembari berjualan. Hal ini menjadi poin plus untuk penjual, terlebih lagi bagi mereka yang berstatus sebagai ibu rumah tangga.

2. Memiliki jangkauan yang luas

Walaupun penjual hanya berjualan di satu daerah, namun barangnya dapat dikirim dan dapat menjangkau ke seluruh daerah, bahkan bisa sampai ke luar negeri. Hal ini sangat menghemat waktu bagi para penjual. Selain itu, dengan adanya ecommerce, peminat akan barang yang ditawarkan juga akan semakin banyak.

3. Pembeli dapat membeli barang di manapun dan kapanpun

Karena akses e-commerce tidak dibatasi, maka pembeli dapat berbelanja kapanpun dan sepuasnya selama 24 jam nonstop. Selain itu, walaupun lokasi anda berada di tempat terpencil sekalipun, barang yang anda pesan akan dikirimkan melalui paket dan diantar sampai ke depan rumah anda.

4. Tidak perlu stock yang banyak

Menjadi seorang dropshipper di sebuah marketplace sangat mudah. Anda tak perlu mengeluarkan modal dan menyetok barang dagangan. Dengan fitur dropshipper, barang yang anda pesan melalui salah satu supplier online akan langsung mengirimkannya kepada pelanggan anda, lalu anda dapat menikmati untung tersebut.

Akhir kata, itulah penjelasan yang dapat kami rangkum seputar dengan e-commerce dan manfaatnya entah itu bagi pembeli atau penjual. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya