SOLOPOS.COM - Logo Halal Indonesia dari Kementerian Agama (Kemenag). (Istimewa/bisnis.com).

Solopos.com, SOLO — Antusiasme para pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Solo dalam program sertifikasi halal gratis (Sehati) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) cukup tinggi.

Program dimulai 2 Januari 2023 dan segera ditutup begitu kuota nasional yakni satu juta sertifikasi halal telah terpenuhi. Di Solo, total ada 90 sertifikasi halal gratis yang akan dibagikan pada pekan ini.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Pendampingan pengurusan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM dilakukan di Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) yang terletak di Kecamatan Jebres, Kota Solo.

Program Sehati  merupakan bagian dari upaya pemerintah mempermudah pelaku usaha mengurus sertifikat halal. Kuota program Sehati sebanyak satu juta pelaku UMKM di Indonesia melalui skema self declare.

Program Satu Juta Halal UMKM tersebut didasarkan amanat PP Nomor 39 Tahun 2021 mengenai proses produk halal semua pelaku usaha dengan kategori makanan, minuman, dan tambahan pangan wajib bersertifikat halal serta memenuhi sistem jaminan produk halal.

Pemerintah berencana memberlakukan kewajiban sertifikat halal secara resmi pada 17 Oktober 2024. Hal ini sesuai amanah perundang-undangan dalam menjaga kehalalan produk.

Konsultan PLUT-KUMKM Kota Solo, Teguh Widi Setyahadi, menguraikan hampir setiap bulan, ada pelaku UMKM yang menerima sertifikat halal dari BPJPH.

“Jumat [12/5/2023] besok kami ada serah terima sertifikat halal di PLUT. Ada kurang lebih 90-an sertifikat,” papar Teguh saat dihubungi Solopos.com, pada Rabu (10/5/2023).

Teguh mengatakan saat ini setidaknya ada 300 pelaku UMKM di Solo telah mengantongi sertifikat halal diterbitkan oleh BPJPH.

Pelaku UMKM terus didorong untuk mengingat pentingnya sertifikasi halal bagi produk yang mereka jual. Selain jaminan untuk konsumen, sertifikasi halal berperan untuk menambah value dan branding produk.

Dengan adanya program sertifikasi halal gratis ini, Teguh berharap mampu menambah kesadaran pelaku usaha kuliner atas pentingnya label halal pada produk mereka.

Sementara, pendaftaran sertifikasi halal gratis bisa melalui laman Pelayanan Terpadu Satu Pintu yakni di situs halal.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya