SOLOPOS.COM - Blibli memborong 19 Awards dalam acara Asia Pacific Contact Centre World 2023 Awards. (ANTARA/HO-Blibli).

Solopos.com, SOLO — Pada momentum Hari Pelanggan Nasional 2023, PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) yang dikenal dengan brand lokapasarnya Blibli meraih penghargaan bergengsi di ajang Asia Pacific Contact Centre World 2023.

Total ada  19 penghargaan di ajang Asia Pacific Contact Center World 2023 Awards yang berhasil diterima Bliblicare berkat mengadaptasi teknologi artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML).

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Keberhasilan ini diraih karena seluruh agen BlibliCare diarahkan untuk sigap merespons setiap telepon dan chat pelanggan kurang dari 20 detik.

Chief Operating Officer Blibli, Lisa Widodo, mengatakan Blibli bangga atas penghargaan dari Asia Pacific Contact Centre World 2023 selama dua tahun berturut-turut.

“Pencapaian tersebut menjadi salah satu alat ukur kinerja dan faktor pendorong Blibli untuk konsisten berinovasi secara berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas tim, mulai dari proses perekrutan hingga peningkatan kapasitas, pengembangan karakter, dan implementasi teknologi yang mendukung kinerja agen BlibliCare agar dapat memberi solusi yang terpersonalisasi dan melampaui harapan pelanggan,” ujar Lisa dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Sabtu (2/9/2023).

Ditambahkan oleh Lisa komitmen melayani dengan empati, seraya memastikan kebutuhan, kenyamanan, dan kepuasan pelanggan terpenuhi, diklaim sebagai bagian dari DNA Blibli sejak berdiri lebih dari satu dekade silam.

Lisa menjelaskan sejak awal perekrutan, Blibli melatih para calon agen terkait selama 22 hari kerja untuk mendalami tugas agen BlibliCare.

Materi pelatihan sebesar 40% mencakup pengetahuan produk dan 60% tentang bermain peran atau roleplay.

Rasio materi roleplay diberikan lebih besar demi memastikan kesiapan calon agen BlibliCare untuk berbicara dengan pelanggan di segala situasi.

“Jika lolos evaluasi, para calon agen kemudian diarahkan melakukan on-job-training (OJT) untuk meraih target nilai tertentu dalam rentang waktu 3 bulan,” tambah Lisa.

BlibliCare kini telah dioperasikan dalam 6 kanal oleh sekitar 100 seats, serta melayani lebih dari 4.000 pelanggan setiap harinya.

Sebagai upaya memaksimalkan kinerja tersebut, Bliblicare juga fokus pada pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki melalui refreshment product knowledge & roleplay secara reguler melalui metode belajar yang variatif dan dalam bentuk bite-sized learning seperti in-class learning, video, poster, knowledge catalog dan training lainnya yang fokus pada komunikasi dasar, pengembangan karakter, pelatihan soft skill, team building, dan penanganan pelanggan.

Program penyegaran juga dilakukan berkala untuk memastikan standar kualitas layanan yang terjaga.

Ajang Tahunan ContactCenterWorld.com

Asia Pacific Contact Center World 2023 Awards yang diterima Blibli merupakan ajang tahunan yang diinisiasi oleh ContactCenterWorld.com sejak 1999 silam.

Penghargaan tersebut diberikan atas penilaian penuh terhadap profesionalitas pusat kontak dan pengalaman pelanggan (CX), yang di antaranya meliputi komitmen customer-centric, layanan contact center yang sejalan dengan tujuan perusahaan, hingga inovasi terkini dalam pelayanannya.

Dalam melakukan penilaian terhadap sejumlah perusahaan nominasi, lembaga ini didukung oleh lebih dari 220.000 individu profesional yang telah bergabung.

Selain meraih belasan penghargaan, Blibli juga mendapat apresiasi luas atas keunggulan layanan BlibliCare-nya dari para delegasi perusahaan yang hadir di ajang Asia Pacific Contact Center World 2023 Awards.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya