SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian (Mentan) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023). (Istimewa).

Solopos.com, JAKARTA – Andi Amran Sulaiman berjanji akan menekan keran impor komoditas pangan setelah resmi dilantik sebagai Menteri Pertanian (Mentan) menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri setelah terjerat kasus korupsi.

menyebut akan berfokus untuk memperkuat produksi sejumlah komoditas strategis seperti padi dan jagung dalam satu tahun ke depan.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Hal tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan produksi komoditas dalam negeri dan menekan impor pangan. “Fokus [kita] pangan padi, jagung. Ini penting banget,” kata Amran kepada awak media di Kantor Kementerian Pertanian (Kementan), Rabu (25/10/2023).

Dia optimistis Indonesia bisa kembali pada swasembada pangan. Adapun, pada 2023 Indonesia mendatangkan sebanyak 3,5 juta ton beras impor. “Impor ini 3,5 juta, kita menekan dulu. Insya Allah masuk swasembada kembali,” jelasnya.

Terkait kondisi El Nino yang melanda Indonesia saat ini, Amran menyebut sudah pernah melalui masa sulit tersebut pada 2015. Pasalnya, kala itu produksi dalam negeri tetap tinggi, dan Indonesia mampu melewati fenomena cuaca ini.

“Di 2015 tekanannya lebih tinggi, tapi bisa lolos dan tahun berikutnya tidak impor,” ujarnya. Untuk diketahui, Amran sebelumnya sempat menduduki jabatan sebagai Mentan pada periode 2014 hingga 2019. Dia dikenal dengan program swasembada empat komoditas pangan yaitu beras, jagung, kedelai dan gula dalam waktu tiga tahun.

Pendiri Tiran Group ini kembali ditunjuk sebagai Mentan, menggantikan Syahrul Yasin Limpo. Amran mengaku baru ditawari Jokowi sebagai Menteri pada Selasa (24/10/2023) pukul 17.00 WIB. “Baru kemarin sore jam 5 [sore],” ungkap Amran.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Resmi Jadi Mentan, Amran Sulaiman Janji Tekan Impor Pangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya