SOLOPOS.COM - Menu gabus pucung khas Jakarta akan tersaji dalam Batavia Food Festival di Hotel Alila Solo, Sabtu-Minggu (15-23/6/2024). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SOLO — Alunan musik khas Betawi menghangatkan santap malam di Epice Restaurant, Hotel Alila Solo, pada Jumat (14/6/2024) malam. Puluhan kuliner cita rasa Jakarta siap menggoda lidah masyarakat Kota Bengawan dalam promo kuliner bertajuk Batavia Food Festival.

Batavia Food Festival akan menyajikan paket bersantap sepuasnya untuk sarapan dan buffet makan malam. Ada beragam hidangan tradisional Betawi, seperti nasi uduk betawi, nasi ulam betawi, lontong sayur, sop buntut, dan lainnya.

Promosi Tingkatkan Konektivitas Data Center, Telin dan SingTel Kembangkan SKKL

Masyarakat bisa mengeksplorasi pengalaman menikmati cita rasa hidangan ala Batavia ini pada Sabtu-Minggu (15-23/6/2024). Untuk buffet makan malam dibanderol dengan harga Rp228.000++ per orang. Para tamu Alila Solo juga bisa menikmati kuliner Betawi ini sebagai menu sarapan.

Director of Food & Beverage Alila Solo, Marisa Sutanto, mengaku bangga bisa menyajikan kreasi kuliner Jakarta yang paling dicari. Festival kuliner ini, kata dia, menampilkan masakan dua chef dari Grand Hyatt Jakarta, yaitu Chef Singgih Haryanto dan Chef Suyamto.

Sedangkan ide ini dieksekusi ini digagas oleh Executive Chef Alila Solo, Chef Didi Sarwono. Chef Didi berharap masyarakat Solo bisa merasakan kuliner khas Jakarta. “Ini bisa menjadi pengalaman baru bagi warga Solo,” kata dia dalam jumpa pers, Jumat malam.

Ke depan, pihaknya akan terus menghadirkan pengalaman dengan ragam menu Nusantara yang berbeda. Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan berkolaborasi untuk memberikan pengalaman kuliner daerah lainnya, misalnya Bali.

Batavia Food Festival di Hotel Alila Solo
Suasana jumpa pers terkait Batavia Food Festival di Hotel Alila Solo, Jumat (14/6/2024) malam. (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Chef Didi mengaku juga akan menyelenggarakan pengalaman kuliner selanjutnya bertema festival sate Nusantara.

Chef Didi memiliki pengalaman di bidang kuliner yang kaya padahal usianya terbilang cukup muda. Kecintaannya terhadap kuliner menurutnya seperti percikan api yang kuat dan menular.

Tantangan yang dihadapi Chef Didi di dapur, menjadi inspirasi utama baginya. Chef Didi berkomitmen untuk menciptakan berbagai kreasi kuliner lezat, baik fusion maupun tradisional.

Dia memegang teguh filosofi utama, yakni memasak dengan penuh semangat dan hati, bukan sekadar mengikuti rutinitas.

Dia berdedikasi terhadap pengembangan professional timnya dan bercita-cita untuk membantu para koki muda mencapai tujuan karier.  Hal ini seiring komitmen mereka untuk memberikan layanan terbaik untuk para tamu.

Sementara itu, dua chef dari Grand Hyatt Jakarta, Chef Singgih dan Chef Suyamto telah memiliki pengalaman kuliner lebih dari 20 tahun. Mereka terkenal piawai dalam masakan Nusantara. Mereka juga ingin ikut melestarikan dan mengangkat cita rasa tradisional Indonesia ke Alila Solo.

Chef Singgih menyebut banyak makanan yang dihadirkan di Batavia Food Festival yang sebetulnya juga sulit didapatkan di Jakarta.

“Misalnya gabus pucung. Makanan ini bumbu dasarnya kluwak, rawon. Cara masaknya susah gampang, kalau salah akan terasa pahit. Ada juga rujak juhi yang juga makanan khas Betawi,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya