SOLOPOS.COM - Pakuwon Mall Solo Baru yang tengah direnovasi Senin (13/2/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SOLO — Perusahaan properti PT Pakuwon Jati melakukan strategi ekspansi yang berbeda untuk kali pertama dengan mengakuisisi Hartono Mall Solo Baru.

Okupansi mal ditargetkan mencapai 150% dari sebelum mereka kelola.

Promosi Fokus Transformasi, Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5%

Promotion Manager Mall yang kini bernama Pakuwon Mall Solo Baru, Rohaz Sabana, mengatakan selama ini PT Pakuwon Jati ekspansi dengan cara membangun mal dari lahan kosong.

“Baru kali ini akuisisi, biasanya kami membangun mal sendiri di suatu daerah. Akuisisi ini sudah sejak November 2020 lalu, dan saat ini memasuki renovasi tahap kedua,” papar Rohaz Senin (13/2/2023) saat ditemui Solopos.com.

Akuisisi tersebut menambah jumlah pemain usaha properti di Soloraya.

Tidak hanya Hartono Mall yang berada di Jl. Ir. Soekarno, Dusun II, Madegondo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, PT. Pakuwon Jati juga mengakuisisi 2 properti di Yogyakarta yaitu Hartono Mall Jogja dan unit hotel JW Mariott.

Khusus untuk mal di Grogol, Sukoharjo, perkembangan yang dilakukan saat ini berupa renovasi dengan tujuan peremajaan gedung serta penambahan dan relokasi tenant.

Tahap pertama yakni renovasi di bagian basement yang dipakai perusahaan retail Hypermart, kemudian tahap kedua meremajakan Ground Floor yang ditargetkan selesai April 2023.

Tahap ketiga peremajaan adalah renovasi lantai 3 terutama di bagian Food Court dan 1 studio dari Platinum Cineplex ditambahkan ke bagian Food Court. Rohaz mengatakan renovasi membuat okupansi mal turun dari biasanya 95% menjadi hanya 40% saja.

“Covid-19 juga membuat jumlah pengunjung turun, tapi dengan tingkat okupansi 40% itu, bisa dikatakan jumlah kunjungan sekarang meningkat 90% setelah pandemi,” tambah Rohaz.

Dia mengatakan jika renovasi sudah selesai nanti target okupansi mereka mencapai 150% dari sebelumnya.

Perubahan yang diterapkan selanjutnya yakni lantai P2 mall yang dulunya dipakai lahan Gokart disulap menjadi lahan parkir dan office management.

Renovasi penting menurut Rohaz karena bangunan mal tersebut sudah berdiri sejak tahun 2012 jadi sebagian besar perlu peremajaan.

Tenant yang masih bergabung dengan Pakuwon Mall Solo Baru antara lain Matahari Department Store (MDS), Sports Station, dan Hypermart.

Sementara itu tenant yang akan segera dibuka antara lain Uniqlo Co., Ltd., House Of Wok, LC Waikiki, Giordano, Sushi Tei, Kimukatsu, dan RamenYA.

Rohaz menjelaskan, ada dua sistem kerja sama dengan tenant oleh Pakuwon Mall Solo Baru, yaitu dengan sistem sewa dan revenue atau bagi hasil.

“Kebanyakan tenant di sini bayar sewa jadinya flat per bulan sama, kalau revenue sesuai kontraknya berapa persen hasil penjualan mereka dibayarkan ke kami,” paparnya.

Staf Promotion Pakuwon Mall Solo Baru, Elficia Carina, menjelaskan pada bulan Februari ada beberapa program yang dilakukan mal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya