SOLOPOS.COM - (Dari Kiri ke Kanan) Public Affairs Manager DANA Indonesia, Reancy Triashari; Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim , Muhamad Rais; Chief of People & Corporate Strategy DANA Indonesia, Agustina Samara; Sekretaris Daerah Kota Samarinda,Ir. Hero Mardanus Satyawan MT, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kota Samarinda, Nurrahmani, S.IP, MM; Kepala Bagian Kerja Sama Pemkot Samarinda, Idfi Septiani, dan Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Samarinda, Sofyan Ady Wijaya, S.Sos. M.Si dalam sebuah acara belum lama ini.(Istimewa)

Solopos.com, SAMARINDA – Dalam mengakselerasi literasi dan inklusi keuangan Indonesia, kolaborasi antarseluruh sistem ekonomi digital menjadi agenda yang fundamental.

Komitmen ini terus digulirkan DANA dengan mendukung berbagai inisiatif pemerintah, termasuk Pemerintah Kota Samarinda.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Kolaborasi keduanya diwujudkan melalui penandatanganan kerja sama dua belah pihak terkait Pemanfaatan Fasilitas dan Layanan Dompet Digital di Kota Samarinda.

Penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Samarinda dengan DANA dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kota Samarinda, Hero Mardanus Satyawan dan Chief People & Corporate Strategy DANA Indonesia, Agustina Samara.

Kesepakatan tersebut mencakup berbagai inisiatif yang akan dilakukan DANA untuk turut andil dalam mewujudkan visi Pemerintah Kota Samarinda dalam menciptakan 10.000 UMKM dan menyongsong keberadaan Ibu Kota Nusantara, diantaranya melalui digitalisasi dan sosialisasi UMKM mengenai literasi keuangan lewat program DANA Academy serta peningkatan pelayanan melalui digitalisasi pembayaran fasilitas publik.

“Kami menyambut baik upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Samarinda. Sebagai dompet digital yang menyimpan misi untuk menjadikan keuangan digital semakin inklusif, DANA berkomitmen untuk menghadirkan satu solusi terintegrasi untuk berbagai kebutuhan agar mampu mendorong kemudahan bertransaksi secara digital dalam kehidupan masyarakat sehari-hari dan mampu berkontribusi aktif dalam pembangunan ekonomi,” ujar Agustina Samara dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Hero Mardanus Satyawan mennyambut baik kerja sama tersebut.

“Pemerintah Kota Samarinda menyambut baik adanya kesepakatan kerja sama dengan DANA terkait dengan digitalisasi pembayaran dalam rangka meningkatkan akses layanan keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

“Kami juga mendukung langkah DANA dalam melakukan upaya perluasan UMKM Go Digital dengan mendampingi agar para pelaku usaha ini dapat meningkatkatkan kapasitas secara inklusif dan berkelanjutan. Segala upaya ini sejalan dalam rangka menyongsong keberadaan IKN di mana Kota Samarinda akan menjadi salah satu kota penyangga,” imbuhnya.

Seusai penandatanganan kerja sama, DANA juga menggelar pelatihan dan pendampingan bisnis untuk UMKM dan pelaku ekonomi kreatif di Kota Samarinda lewat program DANA Academy yang didukung oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda, Dinas Perdagangan Kota Samarinda, serta Bank Indonesia KPw Kalimantan Timur.

Peningkatan kapasitas dan up-scaling workshop UMKM Kota Samarinda akan berfokus pada beberapa materi, mulai dari pengelolaan keuangan, pengenalan manfaat adopsi QRIS, hingga pemasaran melalui kemasan produk yang atraktif.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Muhamad Rais, berharap, dengan diadakannya Pelatihan UMKM DANA Academy serta Penandatanganan MoU antara DANA dan Pemerintah Kota Samarinda dapat meningkatkan sinergi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan keuangan digital di Kalimantan Timur, salah satunya melalui kanal QRIS.

“Kami juga berharap pelaku UMKM dapat menjadi agen perubahan bagi ekosistem transaksi nontunai di sekitarnya,” ujarnya.

Di samping kesepakatan bersama, upaya DANA untuk senantiasa memberikan edukasi yang berkelanjutan lewat program DANA Academy telah berjalan di delapan kota di Indonesia dan akan terus memperluas ekosistem DANA Bisnis ke berbagai wilayah lainnya.

Lewat konsistensi tersebut, DANA berharap kompetensi UMKM akan terus meningkat dan transformasi UMKM ke dalam ekosistem ekonomi digital, dapat membawa perubahan yang signifikan untuk kesuksesan masing-masing daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya