SOLOPOS.COM - Mobil-mobil pribadi pertama melintasi ruas jalan tol Semarang-Solo tepatnya di kawasan Bawen,Minggu (18/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, SOLO  Kota Solo dan Semarang memiliki banyak tempat menarik yang bisa dijadikan rujukan wisata pada akhir pekan. Jalan tol Semarang-Solo menjadi pilihan terbaik jika ingin terlepas dari kemacetan. Berikut Solopos.com sajikan informasi mengenai tarif tol Semarang-Solo.

Semarang dan Solo merupakan dua kota besar di Provinsi Jawa Tengah. Kedua kota ini berjarak 106 km bila ditempuh menggunakan jalur tol. Berdasar informasi dari Google Map, jarak sepanjang itu bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam 53 menit.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Seperti diketahui bahwa ruas Semarang-Solo telah mengalami kenaikan tarif pada tahun lalu. Berikut rincian tarif tol Semarang-Solo sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 752/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Semarang-Solo.

Dilansir dari laman resmi BPJT, tarif tol Semarang-Solo melalui gerbang tol Banyumanik menuju gerbang tol Kartasura Golongan I (bus, truk kecil, pick up, jip, hingga sedan, city car, dan kendaraan kecil lain) Rp75.000, Golongan II (truk dengan dua gandar) Rp112.500, Golongan III (truk dengan tiga gandar) Rp112.500, Golongan IV (truk dengan empat sumbu roda) Rp150.500, Golongan V (kendaraan dengan lima gandar) Rp150.500. Tarif jalan tol Semarang-Solo tersebut juga berlaku untuk jalur sebaliknya yakni Solo-Semarang.

Baca Juga: Siap-Siap, Jalan Tol Jogja-Solo Ditarget Bisa Beroperasi Tahun Depan

Demikian informasi terkait tarif tol Semarang-Solo. Semoga informasi mengenai tarif jalan tol ini bermanfaat buat Anda yang ingin memanfaatkan layanan jalan tol Semarang-Solo pada akhir pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya