SOLOPOS.COM - Direktur Utama AirNav Indonesia Polana B. Pramesti (dua dari kanan) menandatangani MoU dengan pihak International Air Transport Association (IATA), Selasa (18/10/2022). (Dok. BKIP Kemenhub)

Solopos.com, JAKARTA – AirNav Indonesia menjalin kerja sama dengan International Air Transport Association (IATA) untuk pengembangan rute penerbangan internasional berbasis preferensi operator penerbangan atau User-Preferred Routes (UPRs).

Direktur Utama AirNav Indonesia Polana B. Pramesti menjelaskan kerja sama dengan IATA ini difokuskan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), peningkatan pengelolaan air traffic management (ATM), serta peningkatan efisiensi pelayanan navigasi penerbangan. “UPR sendiri berhasil mendongkrak kinerja AirNav di tengah pandemi yang telah diimplementasikan sejak 1 Juni 2020,” ujarnya seperti dilansir dari Bisnis.com, Selasa (18/10/2022).

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Dia menjelaskan metode manajemen ruang udara dengan konsep free-route airspace ini menghasilkan rute-rute alternatif yang dapat dipilih maskapai dengan menyesuaikan arah angin, turbulensi, panjang rute dan lain sebagainya. Polana menjelaskan penggunaan UPRs memiliki potensi tinggi untuk mengurangi emisi gas buang bahan bakar di udara.

Selain itu, prosedur ini juga diharapkan dapat menjadi stimulus untuk meningkatkan kembali operasional penerbangan, khususnya di ruang udara Indonesia. Dia pun memaparkan selama periode Mei 2022 hingga Oktober 2022, risiko emisi karbon yang berhasil direduksi dengan penerapan program UPR ini sebanyak 94,5 ton.

Baca Juga: Pos Indonesia Launching Digitalisasi LPU, Bisa Kirim hingga Amerika!

Menurutnya, kerja sama ini menjadi penting karena banyak hal yang bisa dipelajari dan dimanfaatkan oleh pemangku kepentingan di bidang penerbangan di Indonesia, khususnya AirNav untuk mengembangkan bisnisnya lebih baik lagi. AirNav pun berkomitmen terus memastikan keselamatan, keamanan, dan kelancaran operasional penerbangan di ruang udara Indonesia melalui inovasi teknologi dan sinergi yang baik dengan stakeholder penerbangan, baik dalam lingkup nasional maupun internasional.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul AirNav Gandeng IATA Kembangkan Rute Penerbangan Internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya