SOLOPOS.COM - Para pengunjung mengunjungi tenant-tenant kuliner Teh Pucuk Harum Festival Kuliner Legendaris “Satu Nusa Banyak Rasa” di Beteng Vastenburg, Solo, Sabtu (8/7/2023). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi).

Solopos.com, SOLO – Teh Pucuk Harum Festival Kuliner Legendaris “Satu Nusa Banyak Rasa” telah resmi dibuka, Sabtu (8/7/2023). Sekitar 80 tenant kuliner siap menyambut pengunjung selama dua hari berturut-turut hingga Minggu (9/7/2023).

Bagi pengunjung yang penasaran dengan kuliner kesukaan Presiden Joko Widodo (Jokowi), juga dihadirkan dalam acara tersebut.
Acara Teh Pucuk Harum Festival Kuliner Legendaris “Satu Nusa Banyak Rasa” mulai dibuka pada Sabtu pagi.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Kegiatan yang digelar di Benteng Vastenburg tersebut dapat dikunjungi siapapun secara gratis. Hal ini tentunya juga akan menjadi pengalaman tersendiri pagi pecinta kuliner. Sebab ada beragam kuliner dari berbagai daerah di acara tersebut.

Begitu memasuki area dalam benteng, pengunjung akan langsung disambut denah tenant kuliner. Bagi yang penasaran dengan kuliner kesukaan Presiden Jokowi, bisa langsung cek ke zona jejak kuliner Jokowi di sisi kiri dari pintu masuk benteng.

Ada sekitar 10 tenant kuliner di zona tersebut. Bagi masyarakat Solo, tentunya kuliner yang ada di zona tersebut sudah cukup familier. Ada Sate Kere Yu Rebi, Ayam Goreng Mbah Karto Tembel, Leker Gajahan, Dawet Yu Dermi, Tengkleng Klewer Bu Edi dan sebagainya.

Tidak jauh dari zona jejak kuliner Jokowi, ada zona kuliner legendaris. Di antaranya ada Toko Oen Semarang, Batagor dan Siomay Kingsley Bandung, Keripik Sinjai Cristine Hakim, Pempek Pak Raden, Ikan Mak Beng Sanur Kepiting Dandito Kalimantan dan masih banyak lainnya.

Sedangkan di sisi kanan dari pintu masuk benteng ada zona manis, pedas dan gurih yang juga menjadi ciri khas festival kuliner yang digelar oleh Teh Pucuk Harum. Misalnya saja Ayam Bakar Agnes, Kebab Barokah, La Mabbie Dessert & Snack, Es Luber, Mie Keprabon dan masih banyak lainnya.

Ada sekitar 40 tenant nusantara dan kekinian yang akan terlibat pada zona tersebut. Selian ragam kuliner tersebut tentunya ada Teh Pucuk Harum yang bisa menemani pengunjung dalam menikmati sajian kuliner yang ada.

Acara tersebut merupakan kolaborasi antara pihak penyelenggara yakni Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dengan Teh Pucuk Harum yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Teh Pucuk Harum Festival Kuliner Legendaris “Satu Nusa Banyak Rasa” dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Aryo Widyandoko; Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Solo, Wahyu Kristina dan Regional Sales Promotion Head PT Mayora Indah Tbk., Wilayah Jawa Tengah dan Sulawesi, Johannes. di Benteng Vasternburg Solo.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Aryo mengaku sangat terkesan dengan kegiatan tersebut. Terlebih menurutnya Teh Pucuk Harum Festival Kuliner Legendaris “Satu Nusa Banyak Rasa” bisa menghadirkan kuliner-kuliner legendaris. “Saya terkesan, kuliner legend ada semua di sini. Ini impian saya juga sebenarnya dan hari ini ternyata sudah bisa dilaksanakan,” kata dia.

Regional Sales Promotion Head PT Mayora Indah Tbk., Wilayah Jawa Tengah dan Sulawesi, Johannes, mengatakan melalui kegiatan ini pihaknya ingin menghadirkan satu lokasi di mana di dalamnya ada banyak makanan menarik.

“Salah satu misi Teh Pucuk Harum Festival Kuliner Legendaris ini adalah mengingatkan kuliner yang ada di Indonesia,” kata dia saat ditemui wartawan di lokasi acara, Sabtu.

Dia menyebutkan acara tersebut merupakan kolaborasi antara Teh Pucuk Harum dan Pemkot Solo. “Jadi dengan kolaborasi ini akhirnya kami juga mengangkat apa yang unik dan menarik di Kota Solo. Termasuk kulinernya Pak Jokowi,” kata dia.

Menurutnya, dengan hadirnya zona jejak kuliner Jokowi, masyarakat bisa mengetahui jajanan atau makanan favorit Presiden Jokowi. Sekaligus masyarakat juga bisa merasakan kuliner-kuliner tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya