SOLOPOS.COM - Ilustrasi emas putih. (Ilustrasi/Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO – Sama seperti emas kuning, perhiasan emas putih juga memiliki cukup banyak penggemar. Ada cukup banyak pilihan perhiasan yang terbuat dari emas putih. Lalu, berapa sebenarnya kandungan emas murni di dalam emas putih?

Dilansir dari laman Adellejewellery.com, emas putih mengandung campuran emas murni dengan berbagai logam putih seperti nikel, palladium, perak maupun platinum. Hal inilah yang menjadikan logam mulia satu ini terlihat lebih cantik, elegan dan cocok dipadupadankan dengan berbagai aksesoris atau outfit lain.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pada umumnya, emas putih juga mengandung 75 persen emas dengan 25 persen perak dan platinum. Sementara emas kuning biasanya dibuat dari 75 persen emas murni dicampur dengan 25 persen tembaga dan seng.

Saat kondisi baru, emas putih biasa diberi lapisan logam berwarna putih lain seperti rodium. Kandungan lapisan rodium ini membuat warna emas putih semakin cantik dan berkilau. Bahan logam rodium mirip dengan platinum, termasuk warna putihnya.

Sementara emas putih tanpa lapisan rodium akan terlihat kusam. Untuk itu, emas putih perlu dipoles lagi setiap 12-18 bulan supaya warnanya tidak pudar.

Baca Juga: BRI Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir di Jawa Timur

Dahulu, terdapat kandungan nikel pada emas putih. Namun, karena menimbulkan reaksi alergi bagi beberapa orang maka kandungan nikel itu ditinggalkan. Kandungan emas putih merupakan hasil perpaduan emas kuning dan beberapa logam lain. Kandungan emas murni sendiri biasanya sekitar 18 karat, 16 karat, dan sebagainya.

Kelebihan Emas Putih

Emas putih terbuat dari campuran logam yang lebih kuat dibanding logam yang digunakan sebagai campuran emas kuning. Walau lebih kuat dari emas kuning, emas putih tetaplah ringan dan mudah dibentuk.

Jika Anda menginginkan perhiasan berwarna putih keabu-abuan, maka emas putih adalah alternatif pilihan yang cocok. Emas putih bisa membuat berlian terlihat lebih bersinar. Jika Anda menginginkan perhiasan yang terlihat modern, maka emas putih yang biasa mengandung 25 persen perak dan platinum adalah jawabannya.

Baca Juga: Tarif Naik Bus BST Rp3.700/Penumpang, Dishub Solo: untuk Pelajar Masih Gratis

Beberapa emas putih mengandung nikel sehingga menyebabkan reaksi alergi pada orang yang memiliki kulit sensitif. Sebelum membeli emas putih, sebaiknya tanyakan kandungan emas putih terlebih dahulu kepada penjual.

Kebanyakan emas putih menggunakan lapisan rhodium untuk membuatnya lebih bersinar. Akan tetapi lapisan rhodium dapat pudar sehingga Anda harus melapisinya lagi setidaknya setahun sekali. Demikian informasi terkait kandungan emas emas putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya