SOLOPOS.COM - Kawasan Jatim Park 2 yang merupakan bagian dari Jawa Timur Park Group di Batu, Malang, Jawa Timur. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Jawa Timur Park Group atau dikenal juga dengan Jatim Park Group merupakan jaringan hotel dan pariwisata dengan nama pemilik Paul Sastro Sendjojo.

Jatim Park Group didirikan oleh Paul pada 2001 lalu berkembang hingga 15 tempat wisata dan 5 hotel. Dilansir dari situs resmi https://p2k.stekom.ac.id/, Jatim Park didirikan oleh pemiliknya, yakni Paul karena ia prihatin minimnya tempat wisata di Batu Malang, Jawa Timur.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Lokasi Kota Batu yang dikelilingi pegunungan dengan cuaca sejuk sangat cocok dijadikan destinasi wisata. Dari kondisi tersebut muncul ide untuk membuat tempat rekreasi di Kota Batu.

Pada 2009, pemilik Jatim Park memulai dengan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Batu mendirikan Jawa Timur Park 2. Kerja sama ini dilakukan agar setiap koleksi edukatif yang ditampilkan terjamin kualitasnya.

Selain itu, Jawa Timur Park Group juga bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam mengembangkan konten Jawa Timur Park 2.

Beberapa tahun kemudian pada 2012, pemilik Jatim Park Group kembali mengembangkan tempat wisata baru bernama Eco Green Park.

Pemiliknya membangun Eco Green Park untuk melengkapi wahana yang telah ada sebelumnya di Jatim Park 2. Hal ini sekaligus mengukuhkan Jatim Park 2 sebagai salah satu tujuan wisata nasional setelah Bali.

Pengembangan Jatim Park saat ini di antaranya Jatim Park I, Jatim Park 2, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Jatim Park 3, Batu Night Spectacular, dan Museum Angkut.

Sebelumnya diberitakan Pemkot Solo melakukan penjajakan dengan Jawa Timur (Jatim) Park Group untuk  pengelolaan Taman Balekambang Solo setelah rampung direvitalisasi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo Aryo Widyandoko kepada Solopos.com melalui Whatsapp, Selasa (25/7/2023). Aryo menjelaskan belum ada kerja sama antara Pemkot Solo dengan Jatim Park Group sejauh ini. Keduanya baru melakukan penjajakan.

Dilansir dari Bisnis.com, pada 2020 silam Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Jatim Park (JTP) Group bekerja sama dalam pengembangan Batu Love Garden di bidang pengembangan eco park dan edu park.

Pemilik Jatim Park Paul Sastro Sendjojo mengatakan Jatim Park Group memilih menggandeng UMM karena memerlukan pihak yang bisa membantu pengembangan wisata yang bisa memenuhi kebutuhan edukasi wisatawan.

Selain taman bunga, buah, sayur, di dalamnya juga akan tersedia pasar ikan, ternak, dan burung.

Pemilik Jatim Park Paul Sastro Sendjojo bahkan mengatakan Batu Love Garden bakal dijadikan sebagai rumah percontohan untuk para pensiunan dengan luas lahan 150 hingga 200 m2.

Pengembangan Usaha Pemilik Jatim Park

Dilansir dari https://p2k.stekom.ac.id/, berikut bisnis usaha lainnya yang dikelola pemilik Jatim Park:

Jawa Timur Park 1
Jawa Timur Park 2
Batu Secret Zoo
Museum Satwa
Jawa Timur Park 3

BNS (Batu Night Spectacular)
Museum Angkut
Museum Tubuh
Wisata Bahari Lamongan
Banyuwangi Theme Park

Pusat Rekreasi JTP Group di luar Jawa Timur
CitraRaya World of Wonders, Cikupa, Tangerang
Krakatau Park, Lampung

Hotel

Hotel JTP Group
Pohon Inn Hotel
Pondok Jatimpark

Klub Bunga Butik Resort
Tanjung Kodok Beach Resort
Senyum World Hotel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya