SOLOPOS.COM - Marina Budiman masuk dalam daftar wanita terkaya di Indonesia versi Forbes. (Forbes.com)

Solopos.com, SOLO — Ada tiga wanita terkaya di Indonesia yang diakui oleh Forbes. Belum lama ini, Forbes melalui situsnya telah merilis nama orang-orang terkaya di Indonesia yang dikemas dalam “Indonesia’s 50 Richest”.

Faktanya dari 50 nama tersebut terdapat 3 nama wanita yang masuk dalam jajaran orang terkaya se-Indonesia tersebut.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Ketiga wanita tersebut adalah Marina Budiman, Arini Subianto, dan Kartini Muljadi. Mereka adalah sosok yang menginspirasi banyak wanita lain di Indonesia.

Lantas siapa ketiga sosok wanita terkaya se-Indonesia tersebut? Seperti dirangkum dari berbagai sumber berikut sekilas sosok 3 wanita terkaya di Indonesia tersebut:

1. Marina Budiman

Wanita yang masuk dalam daftar terkaya di Indonesia yang pertama adalah Marina Budiman. Wanita berusia 60 tahun ini menjadi wanita terkaya nomor satu versi Forbes dan menempati posisi ke-30 dalam “Indonesia’s 50 Richest”.

Kekayaan Marina Budiman ditaksir US$1,5 milliar atau sekitar Rp22,4 triliun (asumsi kurs Rp14.992). Kekayaannya tak lepas dari bisnis yang digeluti Marina Budiman sebagai presiden komisaris dari suatu perusahaan pusat data, PT DCI Indonesia (DCII).

Baca Juga: Yuriko Angeline Ungkap akan Lanjutkan Pendidikan di AS

Hal tersebut yang membuat ia hingga bisa masuk ke jajaran wanita terkaya di Indonesia. PT DCI Indonesia (DCII) sendiri adalah perusahaan yang didirikan oleh Marina Budiman bersama Otto Toto Sugiri pada Juli 2011 lalu.

Mengutip dari situs resminya, DCII adalah perusahaan penyedia data center terkemuka di Indonesia. Didirikan sebagai pemicu bagi komunitas bisnis, DCII menyediakan berbagai layanan infrastruktur pusat data cloud dan atau operator netral yang andal, berjejaring dengan baik, dan dikelola dengan baik di Indonesia.

2. Arini Subianto

Sebagai salah satu wanita terkaya di Indonesia, Arini Subianto diperkirakan memiliki kekayaan sebesar $975 miliar atau sekitar Rp14,3 triliun (asumsi kurs Rp14.992). Dia juga masuk di urutan 44 dalam daftar tersebut secara keseluruhan.

Diketahui bahwa wanita bernama lengkap Arini Saraswaty Subianto ini meneruskan bisnis perusahaan ayahnya bernama Benny Subianto yang telah wafat pada Januari 2017 lalu.

Wanita berusia 51 tahun ini tercatat menjabat sebagai Presiden Direktur Persada Capital Investama, perusahaan induk untuk sejumlah perusahaan. Anak usaha dari Grup Persada bergerak di bidang pengolahan kayu, produksi minyak sawit, karet dan batu bara.

Baca Juga: Perusahaan Miliknya Siap IPO, Ini Profil Crazy Rich Haji Isam

3. Kartini Muljadi

Kemudian wanita ketiga yang masuk ke dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia adalah Kartini Muljadi. Wanita berusia 92 tahun ini menempati urutan ke 50 dalam tersebut.

Tercatat bahwa kekayaan yang ia miliki adalah sebanyak US$ 695 juta atau Rp10,4 triliun (asumsi kurs Rp14.992).

Namanya ini sudah tak asing lagi dunia farmasi. Ia merupakan pemilik dari grup farmasi terbesar di Indonesia yakni Grup Tempo, perusahaan yang menjadi induk dari PT Tempo Scan Pasific Tbk.

Perusahaan ini dikenal sebagai produsen produk farmasi dan consumer goods. Beberapa produknya pun terbilang sudah sangat populer dan merakyat di Indonesia antara lain Bodrex, Vidoran, Hemaviton, Oskadon, Bodrexin, Neo Rheumacyl, Oskadryl, Contrexyn maupun Zevit.

Itulah tiga wanita yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia menurut Forbes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya