SOLOPOS.COM - Antrian pengunjung Job Fair dan Career Expo 2023 di gedung Graha Wisata Niaga, Selasa (26/9/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution)

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 700 lowongan pekerjaan tersedia di gelaran Job Fair Career Expo Perguruan Tinggi di Graha Wisata Niaga Solo, Selasa-Rabu (26-27/9/2023).

Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Ariansyah Noor mengatakan bursa kerja berkontribusi dalam pembangunan Indonesia Emas pada 2045. Hal itu dia sampaikan saat membuka Job Fair Career Expo Perguruan Tinggi di Graha Wisata Niaga Solo, Selasa. Dalam Job Fair Career Expo kali ini, ada 45 perusahaan dan 35 perguruan tinggi yang ikut di dalamnya.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Tersedia sebanyak 700 lowongan pada acara tersebut. “Pemerintah Indonesia sudah mencanangkan tahun 2045 adalah tahun Indonesia Emas. Nanti harapannya di tahun 2045 kita sudah menjadi negara maju dan mencapai kesejahteraan yang luar biasa, tetapi untuk mencapainya kita banyak menghadapi tantangan, salah satunya adalah bonus demografi, ini harus kita hadapi,” ujar Afriansyah saat menyampaikan sambutannya.

Dia melihat, bonus demografi Indonesia terlihat dari persentase jumlah penduduk usia muda dan bekerja hampir mencapai 50%. Afriansyah yakin, dengan bersiap menghadapi bonus demografi, Indonesia akan memanen hasil yang baik juga. Jika tidak, bonus demografi dapat menjadi ancaman berupa tingginya angka pengangguran serta membebani pemerintah Indonesia.

Itu sebabnya, skill up dan reskilling diperlukan bagi pekerja Indonesia agar terus bisa bekerja. Guna memfasilitasi langkah ini, Pemerintah Indonesia dengan Perpres 68 Tahun 2022 menugaskan Kementerian Tenaga Kerja untuk bekerja sama dengan dunia usaha dan industri.

Kerja sama diharapkan bisa menyediakan link and match yang sesuai skill sehingga kemampuan tenaga kerja bisa secara optimal terserap. Menurutnya, reskilling dan skill up bisa dilakukan dengan sertifikasi kemampuan spesifik.

Sementara itu Ketua Panitia Job Fair dan Career Expo Perguruan Tinggi di Graha Wisata Niaga Solo, Danny Damanik, berharap link and match tenaga kerja dengan dunia usaha juga difasilitasi oleh Perguruan Tinggi yang ada.

“Alumni Perguruan Tinggi perlu juga memahami sepenuhnya apa saja skill mereka, di sini peran Perguruan Tinggi masih diperlukan,” ujar Danny dalam kesempatan yang sama.

Pantauan Solopos.com, Job Fair dan Career Expo Perguruan Tinggi di Graha Wisata Niaga Solo diminati banyak pekerja baik laki-laki maupun perempuan. Beberapa perusahaan yang ada di Job Fair tersebut antara lain Superindo, Kawan Lama Group, Alfamidi, Blibli Omnichannel Group (OMG), Solo Paragon Hotel, Alila Hotel Solo, The Alana Hotel and Convention Center, serta masih banyak yang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya