SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisata Pulau Bali. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Beragam daerah di Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya, salah satunya adalah Bali. Bali adalah salah satu provinsi di Indonesia yang sangat terkenal memiliki panorama yang indah dan memukau. Di samping itu, pulau ini juga sangat eksotis dan modern.

Tidak hanya itu saja, Bali juga masih kental dengan kebudayaan. Pengunjung akan banyak melihat tradisi, rumah adat, sampai upacara yang dilakukan oleh penduduk setempatnya. Sehingga tidak heran Bali sering dijadikan destinasi wisata masyarakat.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Biasanya, Bali akan dipadati pengunjung ketika waktu liburan telah tiba. Mulai dari tempat wisatanya, sampai penginapannya. Tiket pesawat ke Bali juga mulai ramai dan habis ketika masuk waktu berlibur.

Mereka yang ingin mengunjungi Bali di masa liburan biasanya sudah menyiapkan tiket pesawat dengan memesannya jauh hari sebelum keberangkatan melalui platform jasa perjalanan, contohnya seperti Traveloka.

Cara ini dipilih karena mudah dan praktis. Sebab, membeli tiket pesawat Traveloka dapat dimana saja dan kapan saja. Mulai dari tiket pesawat, penginapan, sampai antar jemput bandara.

Tidak hanya itu, ada beberapa hal yang juga umumnya disiapkan sebelum berlibur ke Bali. Bagi Anda yang berencana liburan ke Bali, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat perjalanan liburan lebih menyenangkan.

1. Menyiapkan rencana perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan, buatlah daftar rencana untuk Anda berlibur. Mulai dari transportasi apa yang akan digunakan, lama waktu yang dibutuhkan untuk berlibur, daftar tempat wisata yang akan dikunjungi, sampai akomodasi untuk penginapan di Bali.

Untuk permulaan, Anda dapat mencari informasi di dalam situs Dinas Pariwisata Provinsi Bali. Maka, Anda akan mendapat banyak referensi seputar destinasi atau tujuan wisata mana saja yang dapat Anda kunjungi.

2. Mengemasi pakaian dan barang yang dibutuhkan

Setelah selesai membuat rencana perjalanan, tips selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan sekaligus mengemasi semua barang bawaan dan pakaian selama di Bali. Hal yang harus diingat adalah lebih baik membawa pakaian dan barang yang benar-benar dibutuhkan saja, supaya tidak merepotkan Anda sendiri nantinya.

Pakaian yang Anda bawa ke Bali sebaiknya terbuat dari bahan dengan serat alami. Hal ini bertujuan supaya Anda tetap merasa sejuk. Terlebih wisata yang ada di Bali terkenal eksotis. Jika Anda juga berencana untuk mendaki gunung, maka Anda harus membawa jaket dan sepatu yang memadai.

3. Memilih hari liburan yang tepat

Tips berikut ini sering terlewat bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bali. Padahal, memilih waktu dan hari untuk berlibur ke Bali harus dilakukan dengan tepat.

Jika Anda berencana ke Bali bukan pada musim liburan, maka bulan Mei sampai Oktober adalah pilihan yang tepat. Hal ini karena hujan akan jarang turun, serta cahaya matahari tidak terlalu panas. Sehingga Anda dapat menikmati keindahan alam di Bali.

4. Memesan tiket dan hotel dari jauh hari

Menjelang masa-masa liburan, biasanya harga tiket pesawat akan melonjak tinggi. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat memesan tiket pesawat dan memesan hotel jauh hari sebelum keberangkatan.

Untuk lebih mudahnya, Anda dapat memesannya melalui online. Gunakan aplikasi yang terpercaya seperti Traveloka, aka nada banyak promo menarik yang bisa Anda dapatkan.

5. Menyewa kendaraan

Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda dapat menyewa kendaraan ketika sampai di Bali. Ada banyak jasa rental kendaraan yang menawarkan harga terjangkau. Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa kendaraan tersebut mempunyai asuransi dan kondisinya baik. Hal ini harus dilakukan demi keamanan dan kenyamanan Anda.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menyewa jasa supir lokal yang ada di Bali. Selain praktis, biasanya mereka dapat menjadi pemandu Anda untuk berkeliling Bali.

6. Menikmati makanan khas Bali

Tidak hanya memiliki banyak tempat wisata yang indah dan menarik untuk Anda kunjungi, kuliner di Bali juga menjadi rekomendasi yang harus dicoba. Makanan khas Bali yang terkenal kaya rempah tidak boleh Anda lewatkan.

Tentu saja, berlibur ke Bali tidak akan lengkap jika belum mencicipi makanan khas Bali seperti ayam taliwang, sate lilit, nasi jinggo, sampai bebek betutu.

7. Mengikuti acara adat istiadat setempat

Pernahkah Anda mendengar peribahasa “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”? Peribahasa ini dapat Anda terapkan ketika Anda berlibur ke Bali.

Tidak hanya memiliki alam yang indah dan mempesona, Bali juga dikenal menjadi tempat dengan tingkat spiritualitas yang tinggi. Ketika mengunjungi pura suci, sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang tertutup dan sopan. Kemudian, Anda juga harus bersikap santun, serta menghargai budaya setempat.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum berangkat berlibur, sampai saat Anda berada di Bali. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga diri dan mematusi protocol kesehatan yang diterapkan selama di perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya