SOLOPOS.COM - Tanda tangan digital merupakan cara pengesahan dokumen secara elektronik yang mulai banyak digunakan oleh bisnis. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tanda tangan digital merupakan cara pengesahan dokumen secara elektronik yang mulai banyak digunakan oleh bisnis. Tak heran, karena tangan digital memiliki banyak sekali keuntungan bagi bisnis di zaman serba online ini.

Apa saja? Nah, artikel ini akan membahas keuntungannya dengan lengkap untuk Anda. Berikut beberapa keuntungan tanda tangan digital bagi bisnis Anda:

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

1. Menekan Biaya Operasional Bisnis

Pertama, tanda tangan digital mampu menekan biaya. Sebab, Anda tak perlu mencetak dokumen, melakukan scan, maupun mengirim dokumen via ekspedisi.

Anda hanya memerlukan koneksi internet dan perangkat yang mendukung. Hal ini tentu akan membantu cashflow bisnis Anda, kan?

2. Menghemat Waktu

Dengan tanda tangan digital, proses pengesahan dokumen bisa selesai dalam hitungan menit. Anda tak harus menunggu dokumen dikirim melalui ekspedisi yang memakan waktu berhari-hari. Hal ini tentu saja sangat menghemat waktu, apalagi jika Anda segera membutuhkannya untuk kepentingan bisnis.

3. Mudah Digunakan

Tak perlu khawatir, tanda tangan digital sangat mudah digunakan! Bahkan, Anda bisa menggunakannya hanya dalam beberapa langkah saja. Semudah upload dokumen, masukkan para pihak, gambar tanda tangan, dan selesai. Dengan begitu, semua orang atau pegawai di bisnis Anda bisa menggunakannya tanpa pelatihan khusus.

4. Diakui Hukum Indonesia

Ya, tanda tangan digital sah dan diakui di Indonesia. Apalagi, bila Anda buat tanda tangan digital tersertifikasi, maka kekuatan hukumnya sangat tinggi dan bahkan bisa menjadi alat bukti di pengadilan, lho.

5. Keamanan Canggih

Seperti yang Anda ketahui, kasus pemalsuan dokumen fisik dan pemalsuan tanda tangan basah cukup marak terjadi. Untungnya, tanda tangan digital memiliki keamanan canggih yang mampu memverikasi identitas para pihak. Sehingga, keamanan dan keasliannya terjaga.

6. Produktivitas Bisnis Meningkat

Seperti yang sudah dijelaskan, tanda tangan digital bisa menekan biaya dan menghemat waktu Anda. Nah, hal ini akan berkontribusi positif pada produktivitas Anda. Sebab, Anda tak perlu menunggu lama terkait persetujuan atau keputusan penting lainnya dan bisa langsung mengerjakannya.

7. Ramah Lingkungan

Terakhir, tanda tangan digital merupakan teknologi ramah lingkungan karena semua prosesnya dilakukan secara digital. Artinya, Anda tak membutuhkan kertas dan tinta sama sekali dari awal sampai akhir prosesnya. Hemat, mudah, dan ramah lingkungan!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya