SOLOPOS.COM - Ilustrasi truk melintas di jalan tol. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — PT Hutama Karya (Persero) mengungkapkan pihaknya akan mengebut pengerjaan enam ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) rampung pada tahun ini.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto menuturkan keenam ruas tol tersebut, di antaranya Jalan Tol Sigli-Banda Aceh, Tol Kuala Tanjung-Pematang Siantar, Tol Pekanbaru-Bangkinang, Tol Bangkinang-Pangkalan, Tol Kisaran-Indrapura, dan Tol Binjai-Pangkalan Brandan.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Di luar yang baru, semua [tol itu] selesai [tahun ini] kecuali Jalan Tol Padang Sicincin yang akan selesai tahun depan,” jelasnya saat ditemui di Jakarta, dikutip Minggu (13/8/2023).

Secara terperinci, Budi menjelaskan di antara keenam ruas jalan tol tersebut, ruas Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang memiliki progres konstruksi paling tinggi mencapai 93,21 persen.

Progres pembebasan lahannya dilaporkan telah mencapai 100 persen. Untuk diketahui, Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang memiliki total panjang 40 kilometer (km) dengan nilai proyek mencapai Rp5,2 triliun.

Jalan tol ini terdiri atas dua seksi, yakni seksi 1 Pekanbaru – Sungai Pinang sepanjang 9,11 km yang saat ini telah terbangun sepanjang 1,5 km, serta seksi 2 Sungai Pinang-Bangkinang sepanjang 30,9 km yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Januari 2023 lalu.

Kemudian, Jalan Tol Kisaran-Indrapura dengan total ruas sepanjang 48 km dilaporkan progres konstruksinya telah mencapai 88,2 persen, di mana upaya pembebasan lahan dilaporkan hampir rampung sebesar 99,59 persen.

Selanjutnya, Jalan Tol Kuala Tanjung – Pematang Siantar sepanjang 93 km dengan nilai proyek Rp13,7 triliun proses konstruksinya mencapai 85,59 persen. Adapun, progres pembebasan lahan tercatat mencapai 94,94 persen.

Sementara itu, ruas Tol Binjai-Pangkalan Brandan sepanjang 58 km progres konstruksi dan pembebasan lahannya masing-masing mencapai 82,62 persen dan 98,58 persen.

Tol Sigli Banda aceh sepanjang 74 km hingga 30 Juli 2023, progresnya sebesar 82,01 persen dan 87,72 persen. Terakhir, yakni Tol Bangkinang-Pangkalan sepanjang 24,7 km konstruksinya sebesar 76,61 persen dan pembebasan lahannya 93,80 persen.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Hutama Karya Kebut 6 Ruas Tol Trans Sumatra Rampung Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya