SOLOPOS.COM - Ilustrasi ATM, transfer uang (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Terkadang ketika bertransaksi melalui mesin ATM maupun internet banking ditemui beberapa masalah seperti uang sudah ditransfer tapi belum masuk ke rekening tujuan. Berikut adalah enam penyebab uang yang sudah ditransfer tapi belum masuk ke rekening tujuan.

Kasus semacam ini kadang terjadi di beberapa mesin ATM bank. Tak hanya mesin ATM milik bank pelat merah, mesin ATM bank swasta terkadang juga mengalami hal serupa. Kasus serupa juga bisa terjadi pada transaksi melalui internet banking.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Ketika mengalami kejadian itu nasabah tidak perlu panik. Ada beberapa hal yang memungkinkan masalah ini terjadi. Salah satunya karena kesalahan sistem yang menjadi tanggung jawab pihak bank.

Berikut enam hal penyebab uang sudah ditransfer tapi belum masuk ke rekening tujuan seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Solusi jika Uang di ATM Tidak Keluar tapi Saldo Berkurang

1. Delay

Delay atau keterlambatar uang masuk terkadang terjadi dalam transfer uang antar dua bank berbeda. Tunggulah dalam waktu beberapa menit hingga satu jam untuk memastikan uang benar-benar sudah terkirim ke rekening tujuan.

2. Gangguan Jaringan

Kasus gangguan jaringan biasanya terjadi dalam cuaca ekstrem seperti hujan dan mendung gelap yang menggangu jaringan atau sinyal. Namun, proses transfer akan kembali normal jika cuaca kembali membaik.

3. Salah Nomor Rekening Tujuan

Cek kembali riwayat mutasi atau aktivitas transfer rekening anda. Nomor rekening yang salah bisa menyebabkan uang yang sudah ditransfer tidak masuk ke rekening tujuan. Cek nomor rekening yang baru saja anda transfer sejumlah uang. Apakan sudah benar atau salah. Jika salah satu digit saja, maka sudah dipastikan Anda kehilangan uang.

Baca Juga: Demi Bayar Utang, Hero Supermarket Jual Aset Rp180 Miliar

4. Penerima Berbohong

Setelah memastikan nomor rekening tujuan transfer benar, tetapi penerima mengaku belum ada transferan uang yang masuk ke rekeningnya, ada kemungkinan dia berbohong. Kasus semacam ini ternyata cukup banyak. Tujuannya, pemilik nomor rekening bermaksud menipu orang yang sudah mentransfer uang kepadanya.

5. Bukti Transfer Palsu

Penyebab lain uang sudah ditransfer tapi tidak masuk ke rekening tujuan adalah bukti transfer palsu. Kasus semacam ini belakangan juga marak terjadi. Umumnya, pelaku menjadikan warung makan sebagai korban. Modusnya, penipu mengaku memesan sejumlah makanan dan pulsa. Selanjutnya, uang akan dikirim secara transfer. Saat itulah, penipu mengaku uangnya sudah ditransfer, tapi setelah dicek pemilik warung uang belum masuk.

Baca Juga: Full Senyum, Agen BRILink Ini Bisa Layani Warga hingga 1.000 Transaksi

Untuk meyakinkan korban, penipu mengirim nota bukti transfer palsu kepada pemilik warung. Jika nota transfer itu palsu, maka dipastikan uang tidak akan masuk ke rekening tujuan. Modus lainnya, pelaku mengaku salah mentransfer uang sehingga ia meminta uangnya dikirim balik.

6. Mati Listrik

Saat proses transfer uang selesai, hal tidak terduga terkadang terjadi. Misalnya, tiba-tiba listrik mati sehingga kerja mesin ATM menjadi tidak maksimal. Hal itu bisa membuat transfer menjadi terhambat, namun jika dilayar tertulis berhasil maka tinggal menunggu 1-2 jam dan uang akan segera masuk ke rekening tujuan.

Demikian informasi terkait penyebab uang sudah ditransfer tapi tidak masuk ke rekening tujuan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca.

Baca Juga: Industri Manufaktur Jateng Melemah, Apindo: Pabrik Mulai Rumahkan Karyawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya