SOLOPOS.COM - Ilustrasi gigi putih (Letstalkdental.com.au)

Solopos.com, SOLO — Mempunyai gigi putih dan bersih pastilah menjadi dambaan setiap orang. Sayangnya, seiring waktu, gigi dapat mengalami perubahan warna menjadi kuning. Ini bisa terjadi karena banyak hal, seperti mengonsumsi teh, kopi, kebiasaan merokok, dan abai dengan kebersihan gigi.

Dampaknya adalah menipisnya enamel gigi dan membuat gigi menjadi rentan mengalami banyak masalah kesehatan, mulai dari gigi berlubang hingga kerusakan saraf. Supaya bisa memiliki gigi putih dan bersih, banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menggunakan produk pemutih gigi yang banyak beredar di pasaran hingga membayar mahal demi melakukan bleaching gigi ke dokter.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Tips Mudah Membuat Gigi Lebih Putih dan Bersih

Memiliki gigi putih dan bersih tentunya membuat rasa percaya diri meningkat. Namun, kamu sebenarnya tidak harus membayar mahal untuk mendapatkan gigi putih dan bersih. Sebab, ada tips mudah yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, berikut beberapa di antaranya:

1. Menjaga kebersihan dengan menyikat gigi secara teratur

Baca Juga : Shopee Gandeng Gibran demi Naikkan Kelas UMKM Solo

Sebagai langkah awal untuk membuat gigi lebih putih dan bersih, pastikan kamu menjaga kebersihan gigi. Caranya yaitu menyikat gigi secara rutin setelah makan dan sebelum tidur setiap hari. Tak hanya menjaga kesehatan gigi, rutin menyikat gigi juga membantu mencegah dan mengurangi plak pada gigi yang menjadi penyebab gigi berlubang.

Selain itu, kamu juga bisa membersihkan gigi dari sisa makanan dengan menggunakan benang gigi atau dental floss. Benang gigi dapat menjangkau sisa makanan yang terselip pada celah gigi dan tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Jadi, gigi pun terlihat putih dan bersih.

2. Menggunakan baking soda

Langkah berikutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Cara ini diyakini cukup efektif untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal pada celah gigi. Sebuah studi dalam Journal of Clinical Dentistry menyebutkan, baking soda terbukti efektif untuk membersihkan noda pada permukaan gigi sekaligus mencegah berkembangnya bakteri pada mulut.

Kamu bisa membuat pasta baking soda sendiri di rumah dengan mudah. Cukup dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok air, lalu gunakan sebagai pasta gigi untuk menyikat gigi seperti biasa. Lakukan cara ini beberapa kali dalam satu minggu, untuk mendapatkan hasil gigi putih dan bersih secara alami.

Baca Juga : Wow! Gibran Bawa 1.200 Item Produk UMKM Solo Ke Pameran Di Paris

3. Mengonsumsi buah yang mengandung asam malat dan membatasi asupan gula

Asam malat adalah zat alami pada buah yang dipercaya mampu membantu memutihkan dan mengurangi noda di gigi. Senyawa ini terdapat pada beberapa jenis buah, seperti semangka, stroberi, dan apel. Selain mengonsumsi buah dengan kandungan asam malat, kamu juga dianjurkan untuk mengurangi asupan makanan maupun minuman dengan kandungan gula tinggi.

Sebab, gula dapat mendukung pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans yang menjadi penyebab plak dan penyakit gusi. Sebagai gantinya, perbanyak asupan buah dan sayuran segar karena keduanya akan membantu meningkatkan produksi air liur, yang dapat menghilangkan gula serta zat lain yang bisa berpotensi merusak gigi.

4. Berkumur dengan oil pulling

Berkumur menjadi salah satu pilihan untuk membantu menjaga kebersihan mulut sekaligus memutihkan gigi secara alami. Kamu bisa memilih produk obat kumur yang banyak dijual di pasaran sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Dibuka Gibran, Pameran Batik Dan Kerajinan UMKM Solo Resmi Gebrak Paris

Namun, kamu juga bisa menggunakan oil pulling atau minyak nabati sebagai obat kumur alami, misalnya menggunakan minyak kelapa. Tidak harus banyak, kok. Cukup berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa selama 15 hingga 20 menit setiap hari sudah mampu membantu memutihkan gigi.

5. Berhenti merokok

Merokok memberikan dampak negatif untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, tak terkecuali kesehatan mulut dan gigi. Kebiasaan tidak sehat ini dapat membuat gigi menjadi kuning, bahkan menghitam. Dalam jangka waktu yang lebih lama, merokok dapat memicu kerusakan gigi yang parah, mulai dari peradangan mulut hingga kanker.

Berhenti merokok tidak hanya membantu menjaga kebersihan mulut dan memutihkan gigi secara alami. Hal ini juga membantu tubuh untuk menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Beli Rekomendasi Pemutih Gigi & Obat Kumur di Shopee

Baca Juga : Hadirkan Semangat UMKM Lokal di Semarang, Ini Promo dari ShopeePay

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membantu gigi menjadi lebih putih, bersih, dan sehat. Jika membutuhkan rekomendasi produk pemutih gigi, obat kumur, atau kebutuhan kesehatan mulut lainnya, kamu bisa cek langsung di Shopee. Ada banyak promo dan penawaran menarik lainnya yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, belanja di Shopee

Beli Rekomendasi Produk Kesehatan Mulut Lainnya di Shopee

Selain obat kumur & pemutih gigi, kamu dapat membeli rekomendasi produk untuk menjaga kesehatan mulut lainnya di Shopee. Segera cek Shopee sekarang juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya