SOLOPOS.COM - Ilustrasi belanja peralatan keamanan rumah. (Kredivo)

Solopos.com, SOLO — Tidak bisa dimungkiri keamanan adalah prioritas demi melindungi rumah dan anggota keluarga dari segala tidak kejahatan dan ancaman dari luar rumah. Apalagi ketika libur Lebaran seperti sekarang, rumah yang ditinggal mudik menjadi rentan didatangi oleh maling.

Agar mudik tetap aman, cobalah untuk memperketat sistem keamanan, yang bisa Anda kontrol dari jauh. Tenang, segala kebutuhan keamanan rumah Anda sudah banyak tersedia di e-commerce yang bisa menggunakan metode pembayaran cicilan barang online. Jadi, tidak perlu khawatir dengan arus keuangan Anda saat banyak kebutuhan Lebaran ini.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lalu, apa saja alat keamanan rumah supaya mudik Anda tetap aman? Mari simak rekomendasi berikut:

1. Gagang Kunci Pintu Rumah Pintar

Seperti layaknya pintu-pintu hotel yang bisa dibuka dengan kartu atau pin, Anda hanya tinggal membeli rumah kuncinya saja. Metode membuka pintu kini bisa dengan berbagai cara. Anda bisa membuka pintu dengan menggunakan kode, kartu RFID, hingga kunci manual biasa saja dalam satu alat gagang kunci yang sama.

Di beberapa marketplace dan e-commerce harganya cukup bervariasi antara Rp500 sampai dengan Rp1 jutaan. Nah, Anda bisa juga memanfaatkan cicilan barang online yang ditawarkan oleh Kredivo. Cicil dalam waktu 3 bulan tanpa perlu bayar bunga alias bunga 0%, atau cicil dengan tenor 6 dan 12 bulan, dengan bunga rendah 2,6% per bulan.

2. Kamera CCTV

Agar Anda bisa memantau kondisi rumah kapan saja dan di mana saja, disarankan untuk menggunakan IP CCTV yang sudah bisa terkoneksi dengan internet, asalkan CCTV selalu terhubung dengan internet.

Internetnya bisa Anda sambungkan dengan wifi rumah atau dipasang modem secara terpisah. Dengan begitu, proses pemantauan kondisi rumah dari jarak jauh bukan lagi menjadi kendala.

Pemesanan CCTV bisa satuan atau sistem paket yang sudah disediakan dengan hardisk, serta DVR sehingga bisa menghubungkan lebih banyak kamera CCTV indoor maupun outdoor. Untuk rumah yang memiliki area luas pasti memerlukan lebih banyak kamera CCTV untuk menambah sistem keamanan dan tentu meningkatkan rasa aman di lingkungan rumah.

3. Alarm Gembok

Saat ini ada juga gembok yang sudah terpasang alarm sekaligus. Sehingga jika gembok terbuka secara paksa, akan langsung membunyikan alarm tanpa henti sampai gembok dirapatkan kembali dengan baik pada posisinya semula.

Dikarenakan alarm gembok ini sangat praktis, jadi gembok ini tidak hanya bisa dipasang untuk pintu pagar rumah saja, tetapi juga bisa dipasangkan di rantai yang mengikat sepeda ataupun sepeda motor Anda.

4. Lampu Sensor Gerak

Ada juga lampu yang menyala secara otomatis karena menangkap gerakan manusia, yang bisa Anda manfaatkan untuk penambah alat keamanan rumah. Caranya dengan memasangnya di depan rumah, terutama di titik-titik yang dirasa bisa menambahkan cahaya pada bagian wajah orang yang hendak masuk ke dalam rumah, sehingga membantu pencahayaan wajah di CCTV menjadi lebih jelas.

5. Tombol Darurat

Tombol darurat ini rata-rata hanya dimiliki oleh toko emas, bank atau kantor-kantor penting lainnya. Namun, rumah biasa pun saat ini sudah bisa memasang tombol darurat sendiri yang akan langsung terhubung secara otomatis ke kantor polisi terdekat. Dengan begitu, polisi bisa bergerak dengan cepat ketika tombol darurat diaktifkan.

Jangan Lupa Lapor Pak RT, Tetangga atau Security

Patut diingat, meski sudah menaruh segala macam alat keamanan, tetap masih bisa kecolongan. Oleh karenanya, wajib untuk melapor ke RT setempat, sehingga ketua RT bersama security komplek atau perumahan yang terlibat.

Jangan lupa tetangga terdekat, terutama bagi tetangga yang tidak mudik Lebaran sehingga ia bisa ikut sama-sama memantau keamanan lingkungan sekitar. Tentunya, Anda harus mempersiapkan oleh-oleh agar tetangga juga senang diberikan perhatian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya