SOLOPOS.COM - Ilustrasi mesin ATM (aplustoper)

Solopos.com, SOLO — Sebagian besar nasabah perbankan pasti pernah mengalami masalah seperti saldo di rekening yang berkurang sendiri walau tidak pernah melakukan transaksi apapun. Berikut adalah lima penyebab saldo di rekening bisa berkurang sendiri.

Berkurangnya saldo di rekening secara mendadak kerap membuat kaget nasabah. Apalagi, nomina saldo yang berkurang itu cukup besar. Tak jarang nasabah harus melapor ke aparat penegak hukum karena hilangnya saldo di tabungan miliknya.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Setidaknya ada lima penyebab saldo di rekening bisa berkurang sendiri seperti dilansir dari berbagai sumber.

  1. Biaya Administrasi

Penarikan biaya administasi sudah lazim dipakai oleh perusahaan perbankan. Besaran biaya adminitrasi bulanan berbeda-beda tergantung jenis bank dan jenis layanan. Misal, pemegang kartu ATM Gold Mastercard BCA akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp17.000/bulan.

  1. Autodebet Tagihan

Saldo di rekening bisa berkurang sendiri lantaran langsung terdebet secara otomatis untuk membayar tagihan atau cicilan bank. Pastikan besaran saldo yang berkurang itu sama nilainya dengan besaran cicilan. Bila saldo yang berkurang lebih besar daripada tagihan, ada kemungkinan uang Anda berkurang bukan karena autodebet.

Baca Juga: Dukung Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Salurkan Kredit ke Pelaku IKM Lokal

  1. Rekening Dibobol

Belakangan kasus pembobolan rekening tabungan marak terjadi. Kejahatan ini bisa terjadi manakala nasabah secara sengaja atau tidak sengaja memberikan pasword atau kode rahasia kepada orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Pembobolan rekening bank juga bisa dilakukan melalui skimming. Hal ini seperti pernah dialami puluhan nasabah bank di Klaten pada tahun lalu.

  1. Membayar Biaya Transfer

Penyebab saldo di rekening berkurang sendiri salah satunya karena biaya transfer antarbank. Misalnya, bila nasabah BRI ingin mentransfer uang ke rekening BCA, maka ia dikenakan potongan biaya Rp6.500/transaksi.

  1. Rekening Dipakai Orang Lain

Kasus rekening disalahgunakan oleh orang lain juga marak terjadi. Kebanyakan pelaku adalah orang terdekat dengan nasabah. Tanpa sepengetahuan nasabah, pelaku memakai ATM lalu menguras isinya setelah mengetahui pasword-nya.

Demikian informasi terkait lima penyebab saldo di rekening berkurang sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca,

Baca Juga: Investasi Bodong Masih “Gentayangan” di Soloraya, Ini Tips Agar Tak Jadi Korban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya