SOLOPOS.COM - Ilustrasi waralaba atau franchise. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Usaha franchise saat ini bisa berkembang dengan pesat. Berikut adalah lima keuntungan menjalankan bisnis dengan sistem franchise.

Kemudahan dalam mendapatkan modal awal untuk membeli produk atau bahan baku bisa menjadikan bisnis franchise berkembang. Salah satu caranya dengan memanfaatkan Modal Rakyat dari Fazz. Dalam Modal Rakyat, ada layanan distributor financing yang dapat Anda manfaatkan untuk membayarkan terlebih dahulu tagihan pembelian produk dari principal.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Contoh kasusnya, saat stok produk yang Anda jual mulai menipis atau habis, Anda perlu memesan kembali produk atau bahan baku dari principal. Pemesanan produk atau bahan baku tersebut perlu dibayarkan. Nah, dengan fitur distributor financing dari Fazz, tagihan Anda akan dilunasi terlebih dahulu dan Anda akan diberikan jangka waktu pelunasan yang fleksibel.

Lalu, mengapa model usaha franchise populer? Alasan, usaha franchise dapat memberikan keuntungan untuk franchisor (pewaralaba) maupun untuk franchisee (terwaralaba). Atau dengan kata lain, kedua pihak akan mendapatkan keuntungan yang menarik.

Saat memulai usaha franchise, ada beberapa kebutuhan yang perlu Anda penuhi agar usaha Anda dapat berjalan dan berkembang dengan baik. Kebutuhan tersebut bisa Anda penuhi dengan mengandalkan layanan distributor financing, sehingga usaha franchise Anda tetap bisa berjalan.

Jika Anda masih ragu untuk memulai usaha franchise, berikut ini keuntungan memiliki usaha franchise.

1. Rendah Risiko

Jika berbicara mengenai bisnis, maka tidak jauh-jauh dari risiko. Namun, dengan menjalankan usaha franchise atau waralaba, Anda akan terhindar dari risiko tinggi, dan sebaliknya, usaha Anda berjalan dengan risiko rendah.

Apa alasan franchise rendah risiko? Usaha franchise sendiri berarti Anda membeli hak jual suatu brand atau produk dan dapat memasarkannya dalam jangka waktu tertentu. Berarti, Anda akan memasarkan produk yang sudah dikenal oleh masyarakat dengan sistem penjualan yang dijalankan oleh franchisor (pemilik usaha).

Dengan kata lain, usaha franchise tentu lebih rendah risiko jika dibandingkan dengan usaha yang Anda bangun dari nol. Sebab, usaha franchise berjalan berdasarkan sistem penjualan yang sudah teruji dan menghasilkan keuntungan. Namun, tidak ada salahnya meminta pendapat franchisor untuk memastikan usaha franchise Anda tetap stabil.

2. Brand Sudah Dikenal

Masih berhubungan dengan poin pertama, menjalankan usaha franchise atau waralaba berarti Anda menjual brand atau produk yang tidak asing di telinga masyarakat. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan materi promosi besar-besaran, kecuali untuk memperkenalkan kepada masyarakat sekitar tentang usaha baru di daerah mereka. Selebihnya, Anda tinggal mempertahankan kualitas produk dan konsumen akan datang dengan sendirinya.

Produk atau brand yang sudah dikenal juga sudah memiliki target market sendiri-sendiri, sehingga Anda hanya perlu fokus menjaga dan meningkatkan pelayanan gerai Anda. Semakin baik, maka semakin meningkat juga penjualan di gerai Anda.

3. Manajemen Sudah Terbentuk

Selain tidak perlu memikirkan materi promosi, Anda juga tidak perlu pusing memikirkan manajemen bisnis. Franchisor yang berani membuka kesempatan waralaba memiliki manajemen bisnis yang matang, teruji dan juga terbentuk dengan baik.

Manajemen yang baik ini memiliki peranan penting untuk menjaga reputasi baik dari brand yang Anda jalankan waralabanya. Anda juga akan mendapatkan arahan bisnis hingga penjelasan target market dari manajemen saat pertama kali menjalankan bisnis franchise mereka.

4. Dukungan Dari Franchisor

Berkaitan dengan poin sebelumnya, saat Anda sepakat dengan franchisor untuk menjalankan bisnis franchise produk mereka, Anda akan mendapatkan dukungan dari pihak franchisor. Dukungan yang akan Anda dapatkan berupa program pelatihan mengenai bagaimana menjalankan franchise dengan baik.

Selain itu, Anda akan mendapatkan dukungan berupa marketing atau pemasaran serta strategi marketing untuk franchise Anda. Gerai franchise Anda juga akan dipromosikan oleh franchisor. Bahkan, beberapa franchisor juga menyediakan SDM yang sesuai dengan standar mereka untuk bekerja di gerai Anda.

5. Bahan Baku dan Perlengkapan Terjamin

Pihak franchisor memiliki standar tersendiri untuk bekerja sama dengan pemasok agar mendapatkan bahan baku terbaik. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mencari pemasok, alias Anda akan langsung mendapatkan bahan baku dengan kualitas yang sesuai dengan standar franchisor.

Selain bahan baku, Anda juga akan diminta atau mendapatkan perlengkapan gerai yang sesuai dengan standar franchisor. Dengan begitu, kualitas produk dan pelayanan di gerai Anda akan sama baiknya dengan gerai franchise lainnya.

Dengan keuntungan tersebut, tentu saja franchise dapat menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang ingin memiliki usaha. Pasalnya, tidak perlu memerlukan modal yang tinggi untuk memulai namun keuntungan yang akan Anda dapatkan sebanding dengan pengeluaran di awal.

Anda juga tidak perlu pusing mengenai modal saat usaha sudah berjalan. Karena, Anda bisa tetap memenuhi kebutuhan gerai seperti membeli bahan baku dengan menggunakan Supply Chain Financing melalui program Modal Rakyat (bagian dari Fazz).

Layanan Modal Rakyat akan membantu para pebisnis untuk membiayai kebutuhan bisnis, mulai dari modal hingga membeli bahan baku yang disediakan oleh franchisor. Layanan ini tentu menguntungkan pebisnis, karena dapat membuka banyak cabang usaha dalam waktu yang cepat.

Jalani bisnis franchise atau waralaba Anda sekarang dengan memanfaatkan layanan Modal Rakyat, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai modal untuk memenuhi kebutuhan bisnis waralaba Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya