SOLOPOS.COM - Ruparupa.com menyediakan perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain. (ruparupa.com)

Solopos.com, SOLO — Ruang makan adalah tempat berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk menyantap makanan. Tidak heran bila area satu ini perlu perhatikan, mulai dari ukurannya hingga perabot yang digunakan.

Jadinya, area makan pun terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Lalu, apa saja yang perlu kita pertimbangkan sebelum menata ruang makan? Simak jawabannya berikut ini.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

1. Perhatikan ukuran ruangan

Ruangan yang luas dengan satu meja makan kecil akan membuatnya terlihat kosong. Namun, kalau ruangan kecil dengan meja makan besar akan membuatnya terlihat sesak dan penuh.

Untuk itu, pastikan kamu sudah mengukur ruangan terlebih dahulu dan mencatatnya sebagai pedoman sebelum membeli perabot ruang makan. Pertimbangkan juga untuk menambahkan perabot dan hiasan untuk mengisi ruang kosong yang ada.

2. Perhatikan jumlah anggota keluarga di rumah

Tidak hanya ukuran ruangan, tetapi kamu juga perlu menyesuaikan ruang makan dengan jumlah anggota keluarga di rumah. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menentukan bentuk meja dan kursi makan yang akan diletakkan.

Misalnya, jika anggota keluarga kamu berjumlah empat orang, maka kamu bisa memilih meja makan dengan 4 buah kursi. Namun, kalau kamu memiliki anak kecil, maka kamu bisa menggunakan kursi makan dengan bahan yang mudah dibersihkan.

3. Atur pencahayaan ruangan

Pencahayaan di dalam ruang makan juga bisa menciptakan suasana yang hangat. Gunakan lampu berwarna warm white yang bisa memancarkan cahaya putih kekuning-kuningan agar terasa lebih nyaman. Tambahkan juga lampu hias di ruang makan supaya tampak estetik, seperti lampu gantung, lampu lantai, lampu dinding, hingga lilin meja.

4. Sediakan tempat penyimpanan

Pastikan di dalam ruang makan terdapat banyak tempat penyimpanan, seperti laci, lemari, dan juga troli. Tempat penyimpanan ini bisa digunakan buat merapikan berbagai alat masak dan perlengkapan makan, mulai dari piring, sendok, hingga gelas.

5. Tambahkan hiasan di atas meja makan

Jika tata letak ruang makan sudah nyaman, cukup tambahkan hiasan agar terlihat semakin menawan. Kamu bisa menggunakan vas bunga dan tatakan meja yang cantik. Nah, kalau memiliki ruang makan sempit, kamu bisa menambahkan cermin agar ruangan jadi terlihat lebih luas.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti sebelum menata ruang makan di rumah. Kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan ruang makan lainnya hanya di ruparupa.com, lho.

Dapatkan juga berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya