SOLOPOS.COM - Ekosistem kewirausahaan Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 telah memasuki tahapan National Selection.(Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Ekosistem kewirausahaan Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 telah memasuki tahapan National Selection yang diselenggarakan di dua kota, Surabaya dan Jakarta pada Oktober 2023 lalu.

Sebanyak 29.780 ide bisnis yang mendaftar melalui proses seleksi dan Vlog Pitch hingga terpilih total 450 peserta yang lolos masuk dalam tahap National Selection.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Peserta (challenger) yang lolos untuk masuk dalam tahap National Selection adalah mereka yang sesuai dengan kriteria dan manifesto DSC yaitu, Karakter Bangsa, Governance, Environment dan Social Culture. Selain itu para challenger juga dinilai memiliki value 3P (Paham, Piawai dan Persona) yang menjadi DNA dari DSC itu sendiri.

“Penting bagi seluruh peserta untuk memiliki pemahaman dalam menjalankan bisnis baik dari sisi finansial, proses bisnis dan dampak binis untuk lingkungan,“ ujar Coach Andanu Prasetyo, CEO MAKA Group dalam keterangan resminya, Rabu (22/11/2023).

Dijelaskan, DSC membangun support system dan menjadi ruang bertumbuh bagi semua elemen. Tidak hanya peserta yang baru membawa ide bisnis, namun juga banyak peserta yang telah memiliki bisnis bagus turut bersaing dalam seleksi ini. Mereka semua harus mempresentasikan bisnisnya dan meyakinkan para Coach serta beberapa alumni DSC yang tergabung dalam Diplomat Enterpreneur Network (DEN).

Coach yang terlibat adalah M. Jupaka, COO Nama Beauty dan Strategic Advisor, Nilamsari, Founder & BisDev Director PT Sari Kreasi Boga Tbk. dan Andanu Prasetyo, CEO of Maka Group, Founder Toko Kopi Tuku, Aliya Amitra, Founder and COO Tinkerlust & Stellar Woman, Leonard Theosabrata, President Director of SMESCO Indonesia, Arief Budiman, Komisaris PT Agrindo, Handoko Hendroyono, Co-Founder Mbloc Space, Nova Dewi, Founder Suwe Ora Jamu.

Hadir juga para DEN dari berbagai sektor bisnis seperti Rengkuh Banyu, Co-founder Plépah, Arlin Chondro, Founder Peek Me Naturals, dan Ria Ellysa, Founder & CEO OTERRA, Hedar, Founder & CEO Nasi Kulit Syurga, Vania Audrey, Co-founder Pijakbumi, dan Yessie Natasia, Founder Yorri Eatery.

Beberapa challenger yang memaparkan mengenai bisnisnya terlihat menarik minat para coach dan DEN.

“Presentasi mereka sangat menarik yang kadang hal tersebut belum terpikirkan oleh saya sendiri. Salut kepada mereka semua, dan kita sangat antusias untuk dapat mendengarkan lebih lanjut dari para challlenger,” ujar Arlin Chondro, salah satu DEN yang ikut dalam proses penjurian.

Webseries akan ditayangkan di youtube @diplomatsuccess pada 21 November 2023. Melalui Webseries ini, DSC memberikan update para peserta sejak National Selection hingga final.

Setelah proses National Selection, DSC Season 14 akan mengumumkan Top 45 challengers yang dapat melaju ke tahap selanjutnya dan lebih dekat meraih hibah modal usaha total Rp2,5 miliar, pendampingan berkelanjutan dari coach bisnis profesional, serta bergabung dalam jejaring wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

Nantikan update tentang DSC Season 14 di lini masa media sosial kami di Instagram@diplomatsukses, FacebookWismilak Diplomat, Twitter@diplomat_sukses, dan situs www.diplomatsukses.com.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya