SOLOPOS.COM - Jumpa Pers Festival Jajan Solo di Kulonuwun Kopi, Kepabron, Solo, Senin (16/10/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Lebih dari 210 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner dan fasyen akan ambil bagian dalam event Festival Jajan Solo 2023 di Lapangan Pamedan, Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat-Minggu (20-22/10/2023).

Pihak penyelenggara sendiri mengaku cukup sulit mengumpulkan 210 UMKM untuk mengisi tenant Festival Jajan Solo. Umumnya, paling banyak saban kali festival hanya berkisar ratusan dan itu pun terbilang jarang.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Acara ini berangkat dari keresahan bahwa UMKM di Solo sendiri belum secara maksimal difasilitasi ke dalam sebuah acara besar. Meski hampir setiap akhir pekan di Solo banyak event besar, namun UMKM lokal hanya diberikan tempat yang kurang mendukung untuk berjualan yakni di area luar, bukan area utama.

Keresahan itu dirasa oleh Pendiri Akun @Jajansolo, Hestu Nugraheni atau biasa disapa Yayuk dalam Jumpa Pers di Kulonuwun Kopi, Senin (16/10/2023). Dia mengatakan UMKM, terkhusus kuliner di Solo, harus mendapat tempat lebih. 

Menurutnya, banyak UMKM di Solo yang ingin eksis di festival, namun kalah dengan brand yang lebih sering tampil di event. Padahal menurutnya masih banyak kuliner di Kota Bengawan yang enak dan layak dicicipi. “Di momen ini, saya buka selebar-lebarnya untuk UMKM, semuanya, termasuk dari homemade, karena di sini momen untuk memperkenalkan dan men-display produk supaya orang jadi tahu,” lanjut dia.

Terlebih menurutnya memang tujuan utama Festival Jajan Solo adalah memamerkan makanan itu sendiri. Menurutnya, banyak produk kuliner buatan rumahan yang enak namun belum terlalu dikenal.

Hestu mengatakan kuliner yang dijual di festival tersebut tidak akan dibanderol dengan harga yang mahal. Sebab dia menginginkan seluruh warga Solo bisa menikmati sajian kuliner asli Solo itu.

“Minimal Rp100.000 itu bisa menikmati banyak sekali, karena kalau saya pribadi ke event itu Rp100.000 itu hanya dapat dua. Maka kita benar-benar menggarisbawahi harganya seterjangkau mungkin,” kata dia.

Program Director Festival Jajan Solo 2023, Krisna Cimink mengatakan konsep festival yang baru kali pertama diadakan ini bakal memusatkan pada UMKM. “Memang inti dari festival ini adalah teman-temen UMKM, mereka memang artinya,” kata dia.

Dia mengatakan sengaja menghadirkan 200 tenant untuk menegaskan bahwa di Solo banyak produk kuliner atau pun fasyen dengan kualitas yang bagus. Hanya saja setiap kali diadakan event besar tidak pernah mendapatkan tempat.

Menurutnya, yang menjadi pembeda dari festival kuliner yang pernah ada di Solo adalah dari segi jumlah tenant. Lalu, salah satu yang menjadi pembeda yakni fokus utama di event ini adalah UMKM.

“Karena biasanya kalau di festival apapun pasti tenant kuliner ada di luar, jadi jarang banyak yang [di dalam], itu ternyata menjadi keresahan kita. Karena di festival lain pasti daya tarik utamanya adalah band,” kata dia.

Terlebih biasanya festival yang menghadirkan band sebagai penampil utama itu tidak gratis. Hal ini membuat daya beli pengunjung terhadap tenant UMKM berkurang sebab uang sudah digunakan membeli tiket.

“Tapi kalau di Festival Jajan Solo, ini masuk gratis, emang kami mengangkatnya yang asli Solo. Itu juga sudah menjadi keresahan kami karena sekali lagi beberapa kali event besar tapi temen-temen dari Solo jarang,” kata dia.

Selain itu festival tersebut juha didesain agar ramah anak dengan menyiapkan ruang bermain. Hal ini agar para pengunjung tidak ragu membawa serta keluarga besar untuk menikmati kuliner bersama.

Lebih jauh Festival Jajan Solo diharapkan menjadi wadah promosi dan memperkenalkan UMKM di Solo. Selanjutnya pasca-event, geliat ekonomi UMKM semakin berkembang dan omzet juga semakin naik.

“Kami ingin setelah ini, temen-temen yang baru atau yang sudah lama bisa semakin besar. Bisa jadi di Festival Jajan Solo bertemu investornya atau bertemu partner baru, itu bisa jadi media bisnis. Harapannya semua UMKM yang datang berkembang lebih lagi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya