SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasien di rumah sakit (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melaksanakan upacara peletakan batu pertama (groundbreaking) Rumah Sakit Internasional Bali yang turut bekerja sama dengan rumah sakit kanker terbaik dunia Mayo Clinic pada, Senin (27/12/2021).

Jokowi mengatakan dengan dimulainya pembangunan tersebut, masyarakat tidak perlu keluar negeri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan serta diharapkan fasilitas tersebut nantinya dapat menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Karena kita tahu setiap tahun ada 2 juta masyarakat kita pergi ke luar negeri untuk mendapatkan layanan kesehatan. Baik itu Singapura, baik itu Malaysia, Jepang, ke Amerika, ke tempat-tempat lain dan kita kehilangan Rp97 triliun karena itu [mencari layanan kesehatan di Luar Negeri],” kata Jokowi, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Senin (27/12/2021).

Baca Juga: Kompak Turun! Simak Harga Emas Pegadaian, Selasa 28 Desember 2021

Jokowi pun menargetkan rumah sakit tersebut sudah selesai pada 2023, hal ini dilakukan agar masyarakat bisa mulai beralih berobat di dalam negeri.

“Saya harapkan sekali lagi setelah selesainya rumah sakit Bali Internasional benar-benar semuanya tidak ada yang keluar, semuanya kembali, dan Bali akan menjadi tempat destinasi wisata kesehatan dan akan menaikan wisata orang ke pulau Bali,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pihaknya akan membangun layanan kesehatan satu pintu atau one stop health services bertaraf internasional di Sanur, Bali dalam rangka mendukung ekosistem kesehatan Indonesia.

Erick mengatakan bahwa BUMN juga membangun ekosistem kesehatan, tidak mungkin Indonesia berusaha tidak sehat. Sama seperti yang disepakati sejak awal Indonesianya harus sehat dulu, baru Indonesia bekerja, baru Indonesia tumbuh.

Baca Juga: Pegawai Pertamina Serukan Tetap akan Mogok Kerja Akhir Tahun Ini

Kementerian BUMN akan mengembangkan layanan kesehatan satu pintu bertaraf internasional berupa pengembangan rumah sakit internasional.

Hal tersebut merupakan terobosan BUMN untuk kemandirian dalam bidang kesehatan terutama dalam penanganan kasus kanker.

Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur dilengkapi fasilitas perawatan kanker bertaraf internasional bekerja sama dengan operator rumah sakit ternama.

Kawasan yang selama ini dikenal sebagai Grand Inna Bali Beach Resort (GIBB) Sanur, Bali akan terdapat healty and welness zone serta tourism support zone dengan total area seluas 41,3 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya