SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Menjadi salah satu perbankan terbesar di Indonesia, BRI akan memasuki usia ke-128 tahun pada 16 Desember 2023. Di usianya yang lebih dari seabad ini, BRI tetap berkomitmen dalam membantu dan mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia untuk terus tumbuh dan maju.

Pada perayaan HUT ke-128 ini, perseroan ini mengusung tema Kuat dan Hebat, yang tak bisa terlepas dari perjalanan panjang BRI yang terus fokus untuk membuat BRI semakin kuat dan hebat dalam memberi makna Indonesia.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Mengutip laman resmi BRI, Direktur Utama BRI Sunarso menyebut, kuat dan hebat ini juga memiliki arti yang mendalam, yakni seluruh pekerja BRI yang kerap disebut Insan BRILian berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Apalagi hal tersebut didukung dengan segala inovasi yang terus dilakukan BRI.

Di usianya memasuki 128 tahun, BRI terus berupaya mengakselerasi pertumbuhan sektor UMKM. Bahkan, dalam acara kick off HUT ke-128 BRI pada Jumat (27/10/2023), BRI memamerkan 15 UMKM yang lolos kurasi.

Karena fokus dalam membangun dan mendukung UMKM, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengungkapkan, bahwa perseroan memiliki cita-cita untuk menjadi The House Bank for SMEs (Small and Medium-Sized Enterprises) di Indonesia.

“Karena kita tahu sebetulnya yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM itu adalah pendampingan, edukasi. Artinya, betul-betul mendampingi bagaimana UMKM menjalankan usahanya. Journey ini kita buat, bahkan sekarang sampai di level ultramikro meningkat ke mikro, meningkat ke kecil, menengah dan seterusnya,” kata Amam dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com, Jumat (27/10/2023).

Dalam mendukung cita-cita tersebut, BRI juga berkomitmen untuk hadir mendampingi pelaku UMKM agar bisa meningkatkan kapabilitasnya, bertumbuh dan naik kelas.

Berusia 128 tahun, ada program andalan yang dijalankan BRI terutama di sektor UMKM, beberapa di antaranya Growpreneur (program aktivasi pemberdayaan dan pendampingan bagi UKM), BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, pendampingan dan pemberdayaan melalui Rumah BUMN, hingga Pengusaha Muda BRILian. Dalam melayani pelaku bisnis kecil dan menengah tersebut, BRI pun berkomitmen menghadirkan layanan jasa perbankan yang cepat (fast), mudah (simple) dan aman (secure).

Danie Arulynarno, 35, pelaku usaha yang merasakan kehadiran dan komitmen BRI dalam mendukung UMKM, mengaku usahanya terbantu dan semakin lancar berkat bantuan bank yang pertama kali berdiri di Purwokerto, Jawa Tengah itu. Dia memperoleh pembiayaan atau kredit Ultra Mikro (UMi) dari BRI.

“Dengan adanya UMi saya pribadi merasa terbantu. Jadi tambahan modal pastinya. Kalau pakai uang dari usaha lain, nanti bisa mengganggu manajemen keuangan usaha lainnya. Oleh karena itu modal pembiayaan tersebut sangat membantu,” ujarnya pada rilis tertulis BRI yang diterima Solopos.com pada Sabtu (30/9/2023).

Tanpa basi-basi, Danie menyebut kredit UMi BRI ini bisa memperlancar usaha dan membuatnya tetap stabil. Kemudian, tidak membuat dia malu karena proses penagihan berbeda dengan rentenir dan dia menilai prosesnya sangat cepat dan persyaratannya tidak ribet.

“Yang pasti prosesnya nyaman, bisnis yang saya jalani terbantu sekali. Khususnya yang jarak-jarak (jangkwa waktu) pendek. Pas buat modal tambahan yang sifatnya sementara atau talangan. Misal butuh uang kurang sekian, untuk modal usaha ini, ya sudah pake dari UMi dulu dan aman,” imbuhnya.

Cerita Danie ini hanya salah satu sekian banyak kisah sukses UMKM berkat BRI yang memasuki usia 128 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya