SOLOPOS.COM - Salah satu tanah di kawasan Jl. Mangesti Raya, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Foto diambil Senin (26/6/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO – Harga tanah di wilayah Gentan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, makin tinggi seiring banyaknya industri di sana. Bahkan harga tanah di tepi jalan raya berdekatan dengan Kantor Desa Gentan mencapai Rp15 juta per meter.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pada Senin (26/6/2023). di kawasan Jl. Mangesti Raya, Baki banyak lokasi perumahan komersial misalnya Safira Group, outlet ritel Alfamidi Super, serta coffee shop. Tidak banyak tanah kaveling di area perumahan di wilayah Gentan dan sekitarnya yang masih kosong.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Sebagian besar lahan kosong sudah dibangun hunian dengan beragam tipe dan luas bangunan. Terlebih wilayah Gentan merupakan daerah penyangga atau satelit Kota Bengawan.

Jarak wilayah Gentan, Baki, dengan pusat perkotaan di Jl. Slamet Riyadi, Solo, tidak lebih dari lima kilometer. Lokasi strategis yang berdekatan dengan Kota Solo menjadi pertimbangan utama masyarakat yang ingin membangun usaha atau memiliki hunian.

Kepala Desa Gentan, Uke Fransiska, menjelaskan jika sesuai Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) harga tanah paling tinggi di daerah Gentan senilai Rp3,5 juta per meter. Akan tetapi, tanah yang berada di pinggi jalan raya bisa mencapai Rp15 juta per meter.

“Gentan kalau sesuai NJOP paling tinggi Rp3,5 juta tapi kalau aslinya yang pinggir jalan besar bisa sampai Rp15 juta per meter,” papar Uke saat dihubungi Solopos.com pada Rabu (5/7/2023).

Uke menguraikan di wilayah Gentan tidak ada perumahan subsidi ataupun komersial, industri properti biasanya tumbuh di wilayah Waru dan Purbayan. Namun, kebanyakan orang menyebut lokasinya di jalan Gentan.

Pemilik Mestakung Coffee and Resto, Gandhi Yuda, menjelaskan working space dan coffee shop miliknya prospektif dibangun di wilayah Jl. Mangesti Raya, Purbayan, Baki. Sebab lokasinya sangat berdekatan dengan lokasi perumahan dan perkantoran. Pelanggannya rata-rata adalah pekerja dan kedai kopi miliknya selalu ramai di sore hingga malam hari.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Solopos.com dalam laman rumah123.com, harga tanah di Jl. Mangesti Raya, Baki mulai Rp2,8 juta hingga Rp10 juta per meter. Misalnya tanah seluas 200 meter persegi di kawasan perumahan Gentan, Baki, Sukoharjo cukup lima menit ke Luwes Gentan dibanderol dengan harga Rp3,2 juta per meter persegi.

Kemudian tanah di kawasan yang sama yang diklaim cocok untuk kantor atau usaha seluas 750 meter persegi dijual dengan harga Rp10 juta per meter. Ada juga tanah kawasan yang sama, hanya sepuluh menit ke Kota Solo dan lima menit ke Luwes Gentan. Tanah seluas 2.360 meter persegi dijual dengan harga Rp2,8 juta per meter persegi atau Rp6,6 miliar.

Tanah kaveling di dekat perumahan Luwes Gentan di wilayah Purbayan, Baki, Sukoharjo, hanya 15 menit ke Stasiun Purwosari Solo seluas 161 meter persegi dijual demgan harga Rp3 juta per meter persegi atau Rp483 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya