SOLOPOS.COM - Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) membagikan sembako gratis di Gedung Gajah PMS, Jebres, Solo, Selasa (14/11/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) membagikan sembako gratis di Gedung Gajah PMS, Jebres, Solo, Selasa (14/11/2023). 

Wakil Ketua Umum PMS, Sumartono Hadinoto, mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk merespons meroketnya harga sejumlah bahan pokok di pasar. Dia mengajak donatur dan pengusaha ikut berbagi sembako gratis.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Paket sembako berisi 2 kg beras, minyak 1 liter, dan gula 1 kg seharga Rp60.000. Awalnya kegiatan tersebut merupakan pasar murah, sehingga masyarakat mengganti dengan Rp25.000. Namun dia menyebut lantaran donatur banyak yang masuk, akhirnya dia memutuskan untuk menggratiskan paket yang dibagikan.

Pihaknya membagi 10.000 paket sembako gratis untuk lima kecamatan di Solo secara bertahap. Untuk tahap awal dia membagi sekitar 2.500 paket sembako, dengan rincian Kecamatan Laweyan 1.500 penerima dan Kecamatan Jebres sebanyak 1.000 penerima.

“Kita menyasar semua kecamatan di Jebres, Serengan, Pasar Kliwon, Laweyan dan Banjarsari. Untuk pembukaan hari ini kita lebih dulu mengundang masyarakat di sekitar Jebres,” kata dia ketika ditemui di Gedung Gajah PMS, Selasa.

Sebelumnya, pihaknya mendata keluarga mana saja yang perlu mendapatkan paket sembako. Secara khusus paket sembako gratis itu menyasar keluarga miskin.

“Kita menggunakan data dari kecamatan lalu kita lihat mana yang berhak mendapatkan bantuan. Nanti kita kasih kupon untuk nantinya ditukar sembako gratis,” kata dia.

Sekretaris Umum PMS, Idayanti Willy Santosa, menyebut pemberian sembako gratis berlanjut pada 17 November 2023 di tempat yang sama dan menyasar masyarakat dari kecamatan Pasar Kliwon dan sebagian warga Jebres. “Jadi nanti tanggal 17 November itu Kecamatan Pasar Kliwon ada 2.000 penerima dan sebagian lagi dari kecamatan Jebres 1.000 penerima lagi,” kata dia, 

Warga Pucang Sawit, Solo, Sumarsi, 59, merasa terbantu dengan adanya sembako gratis. Terlebih, saat ini harga-harga bahan pokok memberatkan buatnya. Dia baru kali pertama mendapat bantuan sembako dari PMS.

“Sangat membantu, ini apa-apa kan mahal, ini dapat bantuan ya Alhamdulillah, bisa meringankan. Nanti buat kebutuhan sehari-hari. Saya tahunya juga dari tetangga terus dikasih kupon,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya